Guys! Ternyata Penulis Juga Harus Punya Blog di Zaman Now Lho

Blog bagi seorang penulis bisa dijadikan sarana personal branding, promo karya, dan penghasilan tambahan
https://pixabay.com/id/Nietjuh
(https://pixabay.com/id/meja-tulis-smartphone-iphone-3076954/)


Seiring perubahan zaman dan kemajuan teknologi dari hari ke hari, rasanya pertumbuhan serta perkembangan platform digital makin marak dan begitu pesat. Ya, tak bisa dimungkiri lagi, bahwa saat ini banyak orang yang merasa nyaman mencari informasi melalui genggaman tangan. Dengan kata lain telepon pintar.

Ditambah lagi aktivitas berselancar di dunia maya, membuat banyak orang nggak bisa jauh-jauh dari gadget. Betul? Hal ini mendorong munculnya berbagai platform media sosial baru guna semakin memanjakan Netizen contohnya Plukme. Platform digital rasa media sosial ini tergolong baru dan berhasil mencuri perhatian banyak orang. Mengusung tema media sosial sekaligus blogging serta memberi bayaran kepada para penggunanya membuat platform satu ini begitu cepat digandrungi.

Saya tidak ingin membahas Plukme panjang lebar di sini, karena sudah dibahas di postingan sebelumnya. Silakan di baca! Tetapi yang saya ingin tekankan di sini adalah kegiatan blogging yang kian hari kian marak. Dulu, kegiatan ini dipandang sebelah mata, tidak dengan sekarang. Banyak orang yang sudah punya blog dan menekuni kegiatan blogging. Kegiatan satu ini dulu memang hanya dianggap untuk mengisi waktu luang atau sekedar sebagai diary online.

Tetapi saat ini, kegiatan blogging ini sudah menjelma menjadi kegiatan yang menghasilkan. Maka jangan heran, kalau banyak orang berbondong-bondong buat blog, selain karena proses pembuatannya gampang juga karena penghasilannya cukup menjanjikan. Nah, tidak hanya orang biasa saja yang harus punya blog, seorang penulis saya rasa juga harus memiliki blog. Kenapa? Berikut ini alasannya.

1. Sebagai Personal Branding


Penting sekali bagi seorang penulis memiliki blog zaman now. Karena ketika buku terbit dan dibaca oleh seseorang, tentu orang tersebut ingin tahu lebih jauh mengenai sosok si penulis. Nah, di sinilah pentingnya memiliki blog, saat dia mengetikan nama si penulis di Google, maka yang pertama kali muncul adalah blog si penulis. Secara tidak langsung, dia akan mengunjungi blog tersebut dan tidak menutup kemungkinan jadi pembaca setia di blog itu. Hal ini tentu bisa menjadi sarana personal branding bagi para penulis. Dengan kata lain, sebagai jembatan untuk memperkenalkan diri dan karya kepada para pembaca. Semakin dikenal oleh pembaca, maka semakin besar peluang karya kita diminati maupun di beli banyak orang. Sebab, orang cenderung membeli buku-buku karya penulis ternama seperti Asma Nadia, Kang Abik, Andrea Hirarata, dan lainnya dibanding penulis baru. Untuk itu, blog sangat berperan penting dalam melakukan personal branding bagi para penulis khususnya pendatang baru. Agar nama dan karya kita mudah dikenal.

2. Sebagai Sarana Promosi Karya


Ketika buku terbit, bukan berarti tugas seorang penulis telah selesai. Masih ada tugas lain yang menunngu yaitu promosi karya. Penulis juga ikut andil dalam promosi karyanya, bila hanya mengandalkan penerbit maka hasilnya kurang maksimal. Sebuah buku yang laris tidak terlepas dari marketing yang baik. Bagaimana seseorang akan membeli buku kita jika mereka tidak tahu? Untuk itu, penting sekali kita ikut mempromosikan buku karya sendiri guna mengenalkan kepada pembaca agar mereka tahu dan tertarik membeli.

Banyak cara untuk melakukan promosi di antaranya di media sosial juga blog. Coba tengok penulis seperti Asma Nadia, Tere Liye, maupun Dee Lestari, meskipun sudah terkenal mereka masih mau mempromosikan karyanya di media sosial. Kenapa? Karena, agar pembaca setia mereka tahu kemudian tertarik untuk membeli. Apalagi kita yang belum punya nama, harus sering-sering promosi supaya karya kita bisa dikenal banyak orang dan akhirnya laris di pasaran. Betul? Kalau malas promosi, jangan menyesal jika laporan royalti diluar yang diharapkan

3. Sebagai Penghasilan Tambahan


Seperti yang saya katakan bahwa blog bisa menghasilkan uang. Caranya? Bisa dengan memasang iklan Google Adsense atau bekerja sama dengan brand-brand maupun advertiser yang ingin memasang artikel content placement maupun job review. Untuk bisa bekerja sama dengan brand atau advertiser, blog kita harus memiliki topik yang menjual, dengan kata lain sesuai dengan yang mereka inginkan. Untuk bisa membuat blog yang sukses, kita harus pahami dulu mindset seorang Blogger sukses.

Nah, itulah alasan kenapa penulis harus punya blog zaman now Guys!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Guys! Ternyata Penulis Juga Harus Punya Blog di Zaman Now Lho"

Posting Komentar

Aturan Berkomentar : Harap dibaca dan perhatikan setiap aturan dengan saksama!

1.Berkomentar sesuai topik.
2. Dilarang Spam.
3. Dilarang meninggalkan link Blog/Web
4. Jangan basa-basi seperti mantab Gan, nice info, maupun sejenisnya.
5. Usahakan berkomentar yang relevan dengan topik yang di bahas.
6. Komentar yang menyisipkan link web atau blog, termasuk kategori spam dan tidak akan di approved!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel