5 Mindset yang Harus Dimiliki Seorang Blogger

Mindset ini sangat pebting bagi Blogger sebelum terjun lebih jauh di dunia blogging.
https://pixabay.com/johnhain
(https://pixabay.com/id/pola-pikir-kesadaran-meditasi-743163/)


Ketika mendengar dan membaca kisah Blogger sukses, banyak orang kemudian berbondong-bondong membuat blog dengan harapan bisa sukses seperti para pendahulu. Ini wajar menurut saya, sebab setiap orang tentu ingin bisa meraih kesuksesan dalam bidang apapun-termasuk ngeblog. 

Namun seiring berjalannya waktu, ternyata untuk bisa membuat blog itu sukses tidak segampang seperti membaca kisah sukses para Blogger yang telah wara-wiri di internet. Pun membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Untuk itu, pada kesempatan kali ini, saya ingin mencoba memetakan mindset yang harus dimiliki seorang Blogger baik yang masih pemula maupun yang sudah senior. 

1. Menentukan Tujuan Ngeblog 


Untuk bisa membangun dan mengembangkan sebuah blog agar menjadi besar, maka langkah awal yang harus dilakukan adalah menentukan tujuan ngeblog. Sebelum memulai membuat blog, ada baiknya kita terlebih dahulu menentukan tujuan dari ngeblog itu sendiri. 

Untuk apa kita ngeblog? 

Mendapat penghasilan? 

Ingin berbagi? 

Atau sekadar iseng? 

Semua itu harus ditentukan sedari awal. Karena yang menjadi faktor utama blog itu tumbuh dan berkembang ialah memiliki tujuan utama. Tanpa memiliki tujuan utama, maka lambat laun kita akan merasa jenuh dan bosan sendiri mengupdate artikel di blog. Sehingga secara perlahan pembaca mulai meninggalkan blog kita satu-persatu. 

2. Konsisten 


Hal berikutnya yang tidak kalah penting adalah konsisten. Jika tidak konsisten dan mudah menyerah, mustahil sebuah blog bisa sukses. Ingat! Ngeblog itu bukan kegiatan yang bisa dilakukan satu hari, dua hari, setahun, dua tahun langsung berhasil. Tidak! Letak keberhasilan sebuah blog tergantung dari kesungguhan dan konsistensi kita dalam membangun dan mengembangkannya hingga benar-benar berhasil. Bukan, begitu? 

Sebagai contoh, saya ambil salah satu kisah Blogger sukses yang sudah sangat masyhur di internet. Siapa lagi kalau bukan Mas Sugeng. Kisah perjalanan ngeblog Beliau, sudah tidak asing lagi bagi kalangan para blogger. Sebuah kisah yang inspiratif untuk diikuti jejaknya. Awal mula Mas Sugeng ngeblog, hanya menggunakan Hp karena dia tidak punya komputer atau laptop, sesekali diselingi dengan pergi ke warnet. Bayangkan, seorang Blogger yang sudah sukses mengawali karier dari Hp dan sesekali ngeblog di warnet?. Ngeblog lewat Hp bisa dibilang gampang-gampang susah. Belum lagi ketika harus memasukan gambar sebagai ilustrasi, tidak semudah ketika ngeblog di komputer. 

Kenapa Mas Sugeng bisa bertahan dan sukses? 

Jawabannya ialah konsisten. Bisa dibayangkan, jika Mas Sugeng tidak bisa konsisten, tentu dalam sekejap saja dia sudah jenuh dan merasa bosan hingga akhirnya memutuskan untuk berhenti dari dunia blogging. Tetapi justru hal itu tidak dilakukan, dia tetap berusaha keras meski dihantui rasa malas. Untuk itu, penting sekali konsisten dalam mengarungi dunia blogging ini. 

3. Buat Konten yang Menarik dan Berkualitas 


Ruh daripada sebuah blog adalah konten. Tanpa memiliki konten, blog tidak akan punya pengunjung. Nah untuk itu, seorang blogger harus menyediakan konten yang menarik dan berkualitas, agar pengunjung bisa merasakan manfaat dari apa yang kita tulis, juga merasa betah dan nyaman untuk berkunjung lagi. Karena memiliki konten yang menarik dan berkualitas. 

Perlu diketahui, konten itu tidak melulu isinya cuma tulisan. Bisa juga dilengkapi data-data pendukung seperti gambar, grafik, tabel, dan lain sebagainnya. Sehingga tulisan kita akan semakin menarik, kaya, informatif, juga berbobot. 

4. Jangan Terburu-Buru dan Terfokus Pada Adsense 


Banyak pemula ketika membuat blog, sudah terburu-buru dan terfokus untuk segera daftar adsense. Ini pemahaman yang sungguh keliru. Jika langsung mendaftar, maka peluang diterima sangat kecil. Pun Google sudah menentukan syarat-syarat untuk mendaftar adsense diantaranya yaitu sebuah blog minimal sudah berumur lebih dari enam bulan. 

Memang adsense adalah sumber penghasilan utama bagi sebagian besar blogger. Tapi untuk bisa mendapatkan penghasilan dari blog, menurut saya tidak cuma adsense saja. Banyak cara yang bisa dilakukan agar blog kita bisa menghasilkan uang. Salah satunya ialah menerima Job Review dan Content Placemnent dari advertiser yang ingin bekerja sama dengan kita. Untuk lebih jelasnya, silakan baca postingan saya mengenai Niche yang Paling Banyak di Cari Advertiser

5. Jadikan Ngeblog Sebagai Sarana Melatih Kemampuan Menulis 


Ya ngeblog bisa menjadi sarana untuk melatih dan mengembangkan kemampuan menulis. Meskipun blog kita belum menghasilkan uang, tetapi paling tidak kemampuan menulis kita jadi lebih terasah dan berkembang seiring berjalannya waktu. Jika sudah mahir dalam menulis, tidak menutup kemungkinan kita bisa jadi penulis buku. Siapa yang nggak mau coba jadi penulis buku dan bukunya mejeng di toko buku se Indonesia? Semua pasti mau, ya, kan? Seperti saya ini, lima tahun ngeblog, alhamduillah, Allah izinkan saya bisa menerbitkan sebuah buku yang mejeng di Gramedia se Indonesia. Rasanya sampai tidak bisa diungkapkan kecuali dengan bersyukur. 

Dalam skala yang lebih kecil, kita juga bisa menjadi penulis bagi website-website yang membutuhkan jasa para penulis. Atau bisa juga menjadi penulis lepas untuk media cetak seperti tabloid, majalah, maupun koran atau media online. Tentunya bisa menambah penghasilan. Sebagai contoh, saya sering menulis resensi buku untuk media cetak dan online. Banyak sekali keuntungan yang saya dapatkan seperti dapat fee (honor) dari penebit dan koran (jika kebetulan penerbit dan koran tersebut memberi fee), untuk lebih lanjut bisa baca 3 Keuntungan Meresensi Buku di Media.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "5 Mindset yang Harus Dimiliki Seorang Blogger"

Posting Komentar

Aturan Berkomentar : Harap dibaca dan perhatikan setiap aturan dengan saksama!

1.Berkomentar sesuai topik.
2. Dilarang Spam.
3. Dilarang meninggalkan link Blog/Web
4. Jangan basa-basi seperti mantab Gan, nice info, maupun sejenisnya.
5. Usahakan berkomentar yang relevan dengan topik yang di bahas.
6. Komentar yang menyisipkan link web atau blog, termasuk kategori spam dan tidak akan di approved!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel