Daftar Media yang Menerima Tulisan dan Berhonor



Apakah kamu suka menulis?

Daftar Media yang Menerima Tulisan dan Berhoonor
Daftar Media yang Menerima Tulisan dan Berhoonor



Apakah kamu ingin menghasilkan uang dari tulisanmu?

Ya, pastinya kita ingin bisa menghasilkan uang. Apalagi jika bisa menghasilkan uang dari sesuatu yang menjadi hobi kita, rasanya pasti menyenangkan sekali, bukan?

Buat kamu yang suka menulis, kamu juga bisa menghasilkan cuan dari tulisanmu lho. Gimana tuh caranya? Sebenarnya, ada banyak cara untuk menghasilkan uang dari tulisan. Tapi, kali ini saya hanya akan membahas satu cara saja agar topik tidak terlalu melebar ya.

Yaitu dengan mengirimkan tulisan kita ke media. Ada banyak media yang menerima kiriman tulisan dari penulis luar. Mulai dari media lokal hingga media nasional. Rata-rata media yang menerima tulisan dari luar, menyediakan honor sebagai bentuk apresiasi. Namun, tak sedikit juga yang tidak memberikan honor.

Nah, kabar baiknya, saya memiliki daftar media yang bakal membayar tulisanmu. Wah, asyik sekali, ya? Karena saat ini eranya digital, maka daftar meda yang membayar tulisan kita adalah media online. Ok, langsung saja, berikut daftar media online yang akan membayar tulisan kita:

Detik.com


Buat kamu yang suka menulis cerpen, kamu bisa mencoba mengirimkannya ke detik.com. Selain, cerpen, kamu juga bisa mengirim tulisan berupa opini yang bakal ditayangkan di rubrik kolom detik.com.

Honor cerpen di detik.com sekitar lima ratus ribu. Lumayan, bukan? Tapi sebelum kamu mengirim cerpen ke sana, ada baiknya kamu harus memahami syatat dan ketentuan penulisan cerpen di detik.com

Update: Detik tidak lagi berhonor.

Syarat dan Ketentuan Penulisan Cerpen Detik.com


  • Tema cerpen bebas, tapi sebaiknya disesuaikan dengan karakter detik.com.
  • Panjang cerpen tidak lebih dari 9.000 karakter.
  • Karya original.
  • Belum pernah dimuat media lain.
  • Cerpen dikirim ke mumu@detik.com

Basabasi.co


Selain detik.com kamu juga bisa mengirikan tulisan ke basabasi.co. Ada beragam kategori yang bisa kamu pilih mulai dari cerpen, puisi, esai, dan resensi. Bukan hanya itu, kamu juga bisa menulis untuk topik hibernasi.

Berapa honornya?

Honor cerpen dan esai sekitar tiga ratus ribu. Puisi dua ratus lima puluh ribu. Resensi dan hibernasi seratus ribu. Hibernasi adalah tulisan yang membahas sesuatu yang kekinian baik itu hobi, musik, film, fashion, dan masih banyak lagi.

Syarat dan Ketentuan Penulisan di Basabasi.co


  • Karya belum pernah dimuat di media cetak atau digital
  • Bila dua bulan sejak pengiriman tidak mendapat informasi dimuat, maka dianggap tidak lolos
  • Panjang cerpen, tema, gaya bercerita, dan aliran bebas. Font times new roman, spasi 1,5, margin atas dan kiri 4, bawah dan kanan 3, format doc
  • Kirim minimal 5-10 puisi per pengiriman. Tema dan genrenya bebas
  • Esai diutamakan ilmiah, mendalam, teoritik-analitik, dan reflektif dengan gaya bahasa yang ringan tidak kaku seperti makalah atau skripsi. Panjang esai minimal 3 halaman dengan spasi 1,5
  • Panjang resensi buku 3-4 halaman, spasi 1,5, wajib menyertakan cover buku, dan berumur tidak lebih dari 6 bulan dari tanggal terbit
  • Hibernasi berisi bahasan yang sedang tren di media massa bisa berupa hobi, musik, film, dll
  • Kirim naskah ke gerobaknaskah@basabasi.co dengan subjek sesuai dengan jenis tulisan (CERPEN/PUISI/REHAL BUKU/ESAI/HIBERNASI)
  • Penulis wajib menyertakan data diri seperti berikut; nama, nomor dan nama pemiliki rekening, akun medsos, foto pribadi, dan keterangan lain yang dirasa perlu. Data diri diletkkan di halaman terakhir tulisan.

Mojok.co


Kalau kamu jago menulis esai dengan gaya yang ringan, kamu layak untuk mengirimkan tulisanmu ke mojok.co. Selain esai Mojok juga menerima tulisan berupa Malam Jumat, yakni tulisan berdasarkan pengalaman nyata pernah berinteraksi dengan makhluk halus. Konter, tulisan yang membahas dunia teknologi. Diutamakan terkait review gadget, bisa handphone, jam tangan, konsol game, dll.

Otomojok, tulisan yang membahas seputar dunia otomotif. Bisa berupa review kendaraan atau pengalaman menggunakan kendaraan. Sungguh-Sungguh Liputan (Susul), tulisan liputan yang humanis, nyeleneh, mindblowing, maupun seputar gaya hidup anak muda.

Honor esai, konter, otomojok, dan malam jumat sekitar 325.000. sedangkan honor tulisan susul sekitar 225.000-525.000.

Lumayan sekali, bukan?

Syarat Kirim Tulisan Ke Mojok


  • Panjang tulisan 500-1.000 kata
  • Esai bisa tentang apa saja, seperti isu atau peristiwa yang sedang aktual maupun tentang hal lain
  • Kirim tulisan ke redaksi@mojok.co dengan subjek sesuai nama rubrik (ESAI/KONTER/OTOMOJOK/MALAM JUMAT)
  • Untuk susul kirim ke liputan@mojok.co dengan subjek “Usul Susul”
  • Jika setelah lima hari belum mendapatkan dari redaksi, naskah boleh dikirim ke media lain
  • Tulisan ditulis dalam badan email bukan dalam bentuk lampiran
  • Kontributor baru wajib mencantumkan identitas diri seperti nama lengkap, alamat domisili, no hp aktif, akun sosmed, foto diri, atribusi atau profil singkat, nomor rekening: nama bnk beserta KCP-nya, nomor rekening, nama nasabah, NIK, dan NPWP

Toni Al-Munawwar
Toni Al-Munawwar Toni Al-Munawwar adalah seorang blogger dan penulis buku. Ia mulai menekuni dunia menulis dari blog pribadinya. Beberapa tulisannya pernah dimuat media cetak dan elektronik.

Posting Komentar untuk "Daftar Media yang Menerima Tulisan dan Berhonor"