Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Oppo A12 Smartphone Multitasking yang Nggak Bikin Kantong Kering


Oppo A12
Oppo A12

Smartphone memang sudah begitu lekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Apalagi selama pandemi covid-19 ini, kebutuhan akan smartphone kian meningkat. Sebab, pemerintah mengharuskan anak-anak untuk belajar dari rumah demi mencegah penularan virus corona. 

Untuk itu, kita tentunya butuh smartphone yang andal, agar kegiatan belajar yang dilakukan secara daring bisa berjalan dengan lancar. Tapi, masalahnya untuk bisa memiliki handphone android yang andal harganya pasti mahal. Betul? Mana ekonomi saat ini sedang sulit. Tentu, untuk bisa membeli handphone seperti itu terasa berat sekali. 

Eh, tunggu, kita jangan putus asa dulu. Sebab, masih ada smartphone andal yang nggak bikin kantong kering. Yakni Oppo A12. Menurut saya, harga smartphone terbaru ini cukup miring melihat spesifikasi yang ditawarkan. 

Lantas, apa saja kelebihan Oppo A12 ini? 


Di Dukung Smart Assisten 


Fitur ini membantu kita untuk bisa membuka beragam aplikasi dengan cepat. Selain itu, kita juga bisa mengetahui kondisi cuaca, hari, dan tanggal terbaru dengan mudah. Di sini, juga ada fitur pelacak langkah, yang sangat berguna untuk mengukur langkah kita dalam satu hari, minggu maupun bulan.

 
Fitur Pelacak Langkah
Fitur Pelacak Langkah

Tentunya fitur ini cocok banget bagi yang suka olahraga atau lari pagi. Sebab, bisa mengukur seberapa jauh langkah kita dalam sehari. Bukan cuma itu, kita juga bisa menambah kontak favorit dengan mudah. Jadi, nggak perlu repot-repot mencari kontak lagi. 

Gimana keren, kan?


Bisa Kloning Aplikasi


Ini yang saya suka dari Oppo A12. Sudah tersedia fitur App Cloner yang memudahkan kita untuk menkloning aplikasi sosial media yang dimiliki. Secara, dalam satu sosial media, kita sering kali punya lebih dari satu akun. Betul? 

Nah, fitur ini sangat membantu bagi yang suka punya akun lebih. Jadi, nggak perlu repot-repot gonta-ganti akun. Sebab, tak bisa dimungkiri, rata-rata pengguna media sosial saat ini pasti punya lebih dari satu akun untuk satu sosial media. Bukan, begitu? 

Fitur Kesehatan Digital


Nah, sering kali kalau sudah pegang gadget pasti sulit untuk melepasnya. Betul? Tentu hal ini sangat berbahaya untuk kesehatan mata kita. Dengan adanya fitur ini, kita bisa tahu seberapa lama kita menggunakan gadget. Aplikasi mana saja yang sudah dibuka selama menggunakan gadget. Dengan begitu, kita bisa mengatur waktu penggunaan gadget untuk meminimalisir agar tidak menjadi kecanduan. Sehingga mata tetap sehat dan nyaman. Setuju? Di sini juga terdapat fitur kontrol orangtua untuk membatasi aplikasi mana saja yang boleh di akses oleh anak-anak.

Fitur Kesehatan Digital
Fitur Kesehatan Digital



Tiga Cara Mudah Melakukan Screenshot


Setiap smartphone memang sudah dibekali dengan fitur screenshot atau tangkapan layar. Hanya saja, masing-masing smartphone memiliki cara yang berbeda untuk melakukan screenshot. Cara yang paling umum ialah dengan menekan tombol power dan volume secara bersamaan. 

Cara seperti ini, buat difabel seperti saya masih terasa cukup merepotkan. Seringkali, saya harus menekan tombol power dan volume secara bersamaan hingga dua atau tiga kali baru berhasil. Sebab, terkadang saya kurang pas saat menekan tombol secara bersamaan. Sehingga harus mengulanginya beberapa kali. 

Nah, beruntung sekali, smartphone terbaru besutan Oppo ini memberikan kita tiga opsi untuk melakukan screenshot. 

Pertama, dengan cara menekan tombol power dan volume secara bersamaan. Ya, cara ini merupakan cara yang paling umum. Kedua, dengan menggerser layar ke bawah menggunakan tiga jari. Ketiga, melalui smart sidebar. 

Apa itu smart sidebar? 

Smart sidebar ialah bilah khusus yang terletak di sebelah kanan untuk memudahkan dalam mengakses aplikasi dengan cepat. Dari tiga cara di atas, saya paling suka menggunakan cara ke tiga. Cukup buka smart sidebar, lalu klik ikon screenshot. Tara! Tangkapan layar langsung jadi. 

Bukan itu saja, kita juga bisa melakukan screenshot panjang. Ini yang tidak ada di smartphone lain. Saat melakukan screenshot, terkadang ada bagian yang tidak tertangkap layar karena space layar yang terbatas. Alhasil, untuk bagian yang belum tertangkap layar itu kita harus melakukan screenshot dua kali atau lebih. 

Dengan fitur screenshot panjang ini, kita tidak perlu lagi repot-repot untuk melakukan tangkapan layar hingga beberapa kali. Cukup satu kali screenshot, kita sudah bisa mengambil tangkapan layar sampai batas akhir. 

Gimana keren, kan?

Akses Aplikasi dengan Cepat dari Smart Sidebar 


Seperti yang sudah disinggung di atas, dengan fitur smart sidebar kita bisa mengakses aplikasi dengan cepat. Terutama aplikasi yang sering di akses. Di sini, juga kita bisa menambahkan beragam aplikasi agar bisa di akses dengan cepat. 

Smart Sidebar
Smart Sidebar


Sehingga, tak perlu lagi repot-repot mencari aplikasinya saat ingin membuka aplikasi tersebut. Gimana sangat membantu sekali, bukan?

Rekaman Layar Bikin Gampang Membuat Video Tutorial 


Biasanya kan untuk membuat artikel tutorial, kita harus me-screenshot langkah-langkahnya satu persatu. Namun, terkadang ada yang masih belum paham dengan step by step yang diberikan. Nah, dengan fitur rekaman layar ini kita bisa membuat video tutorial dari smartphone. 

Dengan fitur ini step by step tutorialnya bisa dijelaskan lebih detail. Jadi, kita juga nggak perlu repot-repot lagi untuk screenshot langkah-langkahnya satu per satu. Bagi seorang blogger dan content creator, fitur ini sangat membantu sekali dalam membuat konten berbasis tutorial. 

Keamanan Ganda dengan Fingerprint dan Face Unlock 


Era smartphone saat ini ialah era fingerprint dan face unlock. Betul? Untuk apa? Tak lain adalah agar lebih menjaga privasi pengguna. Sebab, tak jarang terkadang ada saja tangan-tangan jail yang ingin mencoba melancarkan aksinya. 

Dengan fingerprint dan face unlock, kita bisa lebih mengamankan smartphone kita dari orang-orang tak bertanggung jawab. Apalagi bagi seorang blogger dan penulis seperti saya, banyak data-data penting dalam smartphone. Nggak kebayang deh, apa jadinya jika semua data-data itu hilang lantaran ada tangan yang usil dan tidak bertanggung jawab. Pasti ngenes banget kan? Nah, penting banget nih kita menjaga smartphone kita dari tangan-tangan usil macam itu. Setuju ya?

Oh ya, fitur face unlock (pengenalan wajah) canggih dari Oppo ini dengan cerdas akan mengindentifikasi kita berdasarkan 128 titik biometrik. Dengan begitu, kita cukup menekan satu jari atau hanya melihat sekilas saja sudah bisa masuk ke ponsel.

Main Game Tanpa Gangguan dengan Game Assistant 


Buat yang suka main game alias gamer sejati, pastinya nggak mau di ganggu kalau udah main game. Betul? Nah, di smartphone terbaru dari Oppo ini kita nggak perlu lagi merasa khawatir terganggu saat bermain game. 

Kenapa? 

Karena terdapat fitur Game Assistant yang akan memberikan pengalaman bermain game yang lebih optimal. Fitur ini membantu kita untuk menyeimbangkan kinerja game dan penggunaan daya sehingga bisa menghemat baterai. 

Bukan cuma itu, kita juga bisa menyesuaikan resolusi layar secara otomatis untuk menghemat baterai, membatasi jaringan aplikasi latar belakang demi pengalaman bermain game yang lebih stabil, serta sangat mengoptimalkan jaringan data untuk mengurangi latensi game. 

Selain itu, kita juga bisa memblokir notifikasi agar tidak mengganggu saat bermain game. Baik notifikasi pesan, panggilan masuk, maupun notifikasi dari aplikasi media sosial. Dengan begitu, kita akan tetap nyaman dan asyik bermain game tanpa perlu lagi merasa khawatir terganggu dengan berbagai notifikasi. 

Gimana asyik sekali, bukan? 

Memindahkan Data dari Ponsel Lama Makin Gampang dengan Kloning Ponsel 


Ya, saat memiliki ponsel baru, tak jarang semua data-data kita masih ada di ponsel lama. Alhasil, kita harus memindahkannya satu-persatu. Hal ini tentu akan sangat merepotkan dan memakan waktu. Betul? 

Untuk itu, Oppo rasanya sangat memahami sekali akan kondisi ini. Makanya, mereka menyediakan fitur Kloning Ponsel yang dapat membantu memindahkan semua data dari ponsel lama ke ponsel baru. Semua data itu termasuk foto, kontak, dan aplikasi. So, mindahin data nggak pakai ribet lagi. 

Menariknya, fitur ini bukan hanya untuk sesama pengguna Oppo saja, tapi juga bisa digunakan untuk ponsel android lainnya. Bukan cuma itu, bagi yang punya iphone juga bisa dipindahkan datanya. 

Wah, keren ya, fitur ini sudah mendukung semua jenis smartphone? 

Layar Eye-Catching dan Besar 


Untuk urusan layar, smartphone terbaru ini memiliki layar yang cukup lebar dengan 15,79 cm yang bisa membenamkan kita dalam visual yang kaya akan keindahan, baik saat menoton film maupun bermain game. Layar ini juga sudah dilengkapi waterdrop sehingga tak perlu khawatir bila tak sengaja terkena percikan air. 

Selain itu, juga sudah dilengkapi dengan protection screen blue light shield (Perlindungan Layar Biru) yang akan melindungi penglihatan kita sepanjang hari dengan menyaring cahaya biru yang berbahaya untuk mencegah ketegangan mata.


Desain Ergonomis dan Single Handed Comfort 


Ponsel terbaru ini hadir dengan desain ergonomis dengan kurva yang halus dan elegan. Beratnya hanya 165 g dengan ketebalan 8,3 mm membuat nyaman di genggam. Selain itu, ukuran layarnya yang tepat memungkinkan penggunaan satu tangan dengan mudah. 

Biar nggak penasaran, berikut spesifikasi Oppo A12 secara lengkap.

Spesifikasi Oppo A12

Ukuran Layar

6.22 inci IPS LCD (720 x 1520 pixels)

Chipset

Mediatek MT6765 Helio P35 (12nm)

OS

Android 9.0 (Pie)

RAM

3GB / 4GB

Memori Internal

32GB / 64GB

Ukuran Smartphone

155.9 x 75.5 x 8.3 mm

Berat

165 g

Kamera Depan

5 MP, f/2.0

Kamera Belakang

13 MP, f/2.2 dan 2 MP, f/2.4 (depth)

Baterai

Non-removable Li-Po 4230 mAh

Warna

Black (Hitam) dan Blue (Biru)




Desain Belakang Terlihat Seperti Berlian yang Diukir 


Untuk urusan desain, smpartphone terbaru besutan Oppo ini tampil elegan. Sebab, desain belakangnya terlihat seperti berlian yang diukir sempurna berkilauan di smartphone. Pun, setiap sudutnya akan menghasilkan pancaran warna dan cahaya yang berbeda dalam tekstur yang indah dan menawan. Membuat ponsel ini terlihat benar-benar elegan. 

Prosesor Octa-Core 


Smartphone terbaru ini dilengkapi dengan prosesor octa-core kelas 12 nm, dapat menghadirkan pengalaman bermain game dan menonton yang mulus. Jadi, nggak takut nge-lag lagi. Selain itu, dengan sokongan RAM hingga 4 GB dan penyimpanan yang luas, kita bisa menggunakan beberapa aplikasi secara bersamaan dan menyimpan lebih banyak gambar, lagu, maupun aplikasi. 

Kapasitas Baterai Besar 


Ya, tidak bisa dimungkiri lagi kalau smartphone saat ini sudah menjadi kebutuhan setiap orang. Untuk itu, ketika membeli ponsel pintar, tentunya salah satu yang menjadi pertimbangan adalah kapasitas baterainya. Betul? Pastinya kita ingin kapasitas baterai yang besar agar bisa menunjang beragam aktivitas kita sehari-hari. 

Nah, Oppo telah membekali smartphone terbarunya dengan kapasitas baterai yang cukup besar yakni 4320mAh. Cukup besar, bukan? Dengan daya baterai yang cukup besar itu diklaim kita mampu menonton video HD online hingga 17 jam atau bermain game hingga delapan jam. So, ucapkan good bye pada kekhawatiran kehabisan baterai! 

Bekendara Tetap Aman dengan Riding Mode 


Seringkali saat sedang bekendara tiba-tiba ada panggilan masuk. Hal ini tentu akan mengganggu konsetrasi kita saat sedang mengemudi dan bisa membahayakan diri sendiri maupun orang lain. Nah, demi menjaga keselamatan saat bekendara, ponsel terbaru asal Tiongkok ini telah dilengkapi dengan riding mode (mode bekendara). 

Fitur ini akan memblokir panggilan masuk dan notifikasi yang tidak penting. Sehingga kita bisa tetap fokus di jalan dan aman saat bekendara. 

Dirac Otomatis 


Dirac secara otomatis aktif dalam mode audio pintar untuk mengoptimalkan kualitas suara tergantung pada apa yang kita lakukan—bermain game, mendengarkan lagu, atau menoton video. Apa pun yang kita dengar, itu akan jadi pengalaman luar biasa dan audionya terasa hidup. 

AI Dual Real Camera 


Lensa utama 13MP dari smartphone terbaru perusahaan Tiongkok ini akan menangkap setiap detail terkecil, memberikan kita foto yang tajam dan jernih. Selain itu, lensa potrait 2MP menghasilkan efek bokeh yang sempurna, membantu kita menghasilkan potrait yang terlihat profesional. 

Dilengkapi juga dengan AI Beautification yang mampu mengidentifikasi jenis, warna kulit, usia, dan jenis kelamin kita. Selain itu, AI Beautification juga menerapkan cara khusus yang dapat menghasilkan penampilan kita bersinar alami dan indah. Menariknya lagi, kita bisa memberikan watermark pada foto. Keren, kan? 

Hasil Jepretan Oppo A12
Hasil Jepretan Oppo A12 dengan Watermark


Bukan cuma itu aja, ponsel terbaru besutan Oppo ini juga sudah dilengkapi dengan fitur Dazzle Color Mode yang dapat membantu kita mempertahankan semua warna alami di foto. Sehingga membuat foto kita terlihat lebih hidup. 

Nah, itulah review saya untuk smartphone terbaru Oppo A12. Gimana nih, jadi mupeng kan? 

Lantas berapa harga untuk smartphone yang andal satu ini? 

Menurut saya harganya cukup terjangkau dengan beragam fitur yang ditawarkan. Waktu saya beli untuk Oppo A12 RAM 3 GB harganya sekitar Rp. 1.899.000. 

Cukup terjangkau bukan? 

Kebetulan, saya membelinya dari uang hasil menulis dan ngeblog.
Toni Al-Munawwar
Toni Al-Munawwar Toni Al-Munawwar adalah seorang Penulis dan Blogger. Memulai menekuni dunia menulis dari blog pribadinya. Untuk info lebih lanjut, silakan baca halaman "Profil Penulis" yang ada dalam blog ini. Terima kasih.

4 komentar untuk "Oppo A12 Smartphone Multitasking yang Nggak Bikin Kantong Kering"

Aturan Berkomentar : Harap dibaca dan perhatikan setiap aturan dengan saksama!

1.Berkomentar sesuai topik.
2. Dilarang Spam.
3. Dilarang meninggalkan link Blog/Web
4. Jangan basa-basi seperti mantab Gan, nice info, maupun sejenisnya.
5. Usahakan berkomentar yang relevan dengan topik yang di bahas.
6. Komentar yang menyisipkan link web atau blog, termasuk kategori spam dan tidak akan di approved!