Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Dampak Buruk Anak Kecanduan Gadget yang Wajib Diketahui Orangtua!


anak kecanduan gadget
AndrewAngelov dari Pixabay

Anak kecanduan gadget menjadi problem yang sering di alami oleh para orangtua di tengah pesatnya kemajuan teknologi. Jika dibiarkan terus, bukan tidak mungkin hal ini akan berdampak buruk bagi tumbuh kembang anak. Ya, tidak bisa dimungkiri, saat ini kita hidup di era digital, di mana penggunaan gadget lebih menyita perhatian banyak orang terhususnya para orangtua. Sering kali mereka lebih sibuk dengan smartphone dalam genggamannya, ketimbang memberikan perhatian dan kasih sayangnya kepada buah hati. Tak jarang pula, anak-anak yang rewel diberikan gadget agar cepat diam dan tak lagi mengganggu. 

Alhasil, para orangtua maupun anaknya sibuk dengan dunia masing-masing. Nah, di sinilah sebenarnya awal mula anak mulai kecanduan gadget. Sebagai orangtua penting sekali untuk memberikan batas penggunaan gadget kepada buah hati mereka. Terlebih, jika usianya masih terlalu dini. Sebab, penggunaan gadget yang berlebihan bisa berdampak buruk bagi anak. Lantas, apa saja dampak buruk yang bisa ditimbulkan benda canggih satu ini terhadap buah hati? Yuk, simak guys! 

Anak Menjadi Malas Belajar 


Anak yang sudah kegandrungan gadget apalagi tak bisa lepas darinya, akan sulit sekali bila di suruh belajar. Ditambah lagi, ia sudah akrab dengan benda satu ini sejak sebelum sekolah. Membuatnya malas pergi ke sekolah terlebih jika harus di suruh belajar. Bagi anak, apa yang terdapat di dalam gadget jauh lebih seru dan menyenangkan daripada belajar atau pergi ke sekolah. Tentu, hal ini akan membuat kelimpungan para orangtua. Anak-anak yang sudah memasuki usia pra sekolah, sudah harus dikenalkan dengan dunia pendidikan agar mereka bisa bertumbuh dan berkembang. Jika sejak awal sudah kecanduan gadget, maka bukan tidak mungkin, saat usianya sudah memasuki pra sekolah, mereka jadi malas belajar. Lebih parahnya lagi, nggak mau sekolah. Gawat, kan? 

Merusak Mata Anak 


Penggunaan gadget yang berlebihan bisa merusak mata sang buah hati. Sebab, radiasi ponsel sangat berbahaya terlebih kepada anak. Jika hal ini dibiarkan dalam jangka waktu lama, maka bukan tidak mungkin akan menyebabkan kebutaan. Jika sudah begini siapa yang sedih? Orangtua, bukan? 

Lupa Waktu 


Terlalu asyik dengan gadget, bisa menyebabkan anak menjadi lupa waktu. Jangankan anak, orang dewasa pun sering mengalaminya. Tak jarang, ketika anak sudah asyik-masyuk dengan gadgetnya, maka mereka keasyikan bermain sampai lupa belajar, lupa makan, bahkan lupa mandi. Betul? Jika sudah begini, tak jarang para orangtua mngeluarkan jurus pamungkas dengan memarahi mereka agar bisa berhenti dan terlepas dari gadget. Jika masih tak mempan, maka hukuman pun di gaungkan. 

Anak Menjadi Kurang Berinteraksi Sosial 


Dampak buruk dari kecanduan gadget bagi anak ialah mereka menjadi kurang berinteraksi sosial. Padahal, interaksi sosial sangat penting bagi anak untuk melatih komunikasi, mengenal lingkungan, maupun bersosialisasi. Terlalu lama dan asyik terhadap gadget itu ternyata bisa membawa dampak buruk bagi anak. Salah satunya ialah menghambat proses keterampilan berkomunikasi. Sebab, mereka jarang sekali melakukan komunikasi baik dengan keluarga maupun orang lain. Jika dibiarkan terus, tidak menutup kemungkinan hal ini bisa berdampak lebih buruk kepada mereka nantinya setelah dewasa. 

Anak Menjadi Tak Mau Bermain di Luar 


Anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan tentu sangat baik jika mereka lebih sering bermain di luar ruangan maupun di alam bebas. Hal ini berguna bagi mereka agar lebih mengenal karakteristik tempat tinggal mereka. Selain itu, bermain di luar ruangan membuat anak-anak belajar bergaul dengan orang lain. Sehingga nantinya ketika dewasa, mereka mudah bergaul dan bisa membaur dengan masyarakat yang lebih luas. 

Nah itulah, dampak buruk kecanduan gadget bagi anak. Sebaiknya, para orangtua tidak terburu-buru memberikan gadget pada anak. Sebab, akibatnya bisa fatal. Pun, para orangtua juga harus menemani dan mengawasi mereka saat bermain gadget. Selain itu, berikan waktu batasan pada mereka agar tidak terlalu lama bermain gadget yang bisa berujung pada kecanduan.
Toni Al-Munawwar
Toni Al-Munawwar Toni Al-Munawwar adalah seorang Penulis dan Blogger. Memulai menekuni dunia menulis dari blog pribadinya. Untuk info lebih lanjut, silakan baca halaman "Profil Penulis" yang ada dalam blog ini. Terima kasih.

2 komentar untuk "5 Dampak Buruk Anak Kecanduan Gadget yang Wajib Diketahui Orangtua!"

Aturan Berkomentar : Harap dibaca dan perhatikan setiap aturan dengan saksama!

1.Berkomentar sesuai topik.
2. Dilarang Spam.
3. Dilarang meninggalkan link Blog/Web
4. Jangan basa-basi seperti mantab Gan, nice info, maupun sejenisnya.
5. Usahakan berkomentar yang relevan dengan topik yang di bahas.
6. Komentar yang menyisipkan link web atau blog, termasuk kategori spam dan tidak akan di approved!