Tips Membuat Working Space di Rumah dengan KTA

Tips Membuat Working Space di Rumah dengan KTA
Image by Pressfoto on Freepik


Memiliki working space sendiri penting untuk mendukung produktivitas bekerja dari rumah. Untuk membuat working space, Anda perlu membeli sejumlah peralatan dan perlengkapan, yang kebanyakan harganya tidak murah. Jika modal Anda belum mencukupi tidak perlu panik, karena Anda bisa memanfaatkan pinjaman dana KTA.


Banyak orang ingin membuat working space namun terkendala biaya untuk membeli berbagai peralatan dan perlengkapan. Mengajukan kredit tanpa agunan atau KTA bisa menjadi solusi bagi Anda untuk mendapat bantuan dana.


Sebelum mengajukan pinjaman KTA untuk membeli berbagai perlengkapan kantor. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika ingin membuat working space sendiri di rumah.

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Membuat Working Space


Sejak pandemi Covid-19 terjadi di dunia, banyak pekerjaan yang dilakukan dari rumah atau istilah populernya work from home (WFH). Untuk menciptakan ruang kerja yang Anda impikan, tak ada salahnya memanfaatkan pengajuan KTA dari bank untuk membeli peralatan dan perlengkapannya.


Bekerja dengan fasilitas yang minim bisa mengganggu produktivitas dan menimbulkan rasa kurang nyaman. Perasaan tidak nyaman biasanya muncul dari fasilitas ruangan yang tidak memadai dan kondisi ruangan yang tidak kondusif. Agar tetap produktif saat di rumah, berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat membangun working space di rumah.

Ketahui Kondisi Ruangan

Sebelum menentukan model working space, Anda bisa mempertimbangkan ruangan yang akan Anda gunakan sebagai tempat kerja. Misalnya ruang kosong rumah atau kamar tidur. Lihat seberapa luas ruangan Anda dan bagaimana bentuk atau desainnya.

Ketahui Kebutuhan Kerja

Berikutnya, Anda perlu mempertimbangkan kebutuhan dan kebiasaan dalam bekerja. Misalnya, Anda membutuhkan ruangan yang tenang, pencahayaan yang memadai, atau fasilitas lain yang mendukung.

Manfaatkan Ruangan

Saat membuat working space, pastikan Anda memanfaatkan ruangan dengan sebaik mungkin. Contohnya, menggunakan meja panjang sebagai tempat bekerja, memasang lampu gantung, meletakkan rak penyimpanan dokumen, dan lainnya. Selain itu, Anda dapat mengisi space kosong di ruang kerja dengan berbagai barang, seperti hiasan dinding, tanaman indoor, benda hobi, dan sebagainya.

Jadikan Ruangan Istimewa

Ketika Anda menggunakan ruangan di rumah untuk bekerja, Anda bisa mengatur ruangan supaya tampak lebih istimewa dan nyaman. Misalnya, dengan menambahkan tanaman hias, bingkai foto, atau menyediakan segelas kopi saat bekerja.

Pilih Ruang yang Fleksibel


Jika ingin tetap produktif namun di tempat yang minimalis, Anda bisa memilih ruangan yang multifungsi. Misalnya, menggunakan ruang tamu atau ruang tidur sebagai tempat kerja. Cara tersebut bisa memudahkan Anda ketika ingin melakukan berbagai mobilitas saat di rumah.

Tips Membuat Working Space di Rumah dengan KTA
Image by Freepik

Perlengkapan Membuat Working Space

Perlengkapan kantor adalah barang-barang yang perlu Anda siapkan untuk mendukung kegiatan kerja dari rumah. Barang-barang yang Anda butuhkan, di antaranya mulai dari laptop, meja, kursi, hingga lampu. Karena harga perlengkapan working space tidak sedikit, Anda bisa mengajukan pinjaman KTA bunga rendah di bank untuk membelinya.

Berikut beberapa perlengkapan yang Anda perlukan untuk membuat working space di rumah:

Meja Kerja

Salah satu perlengkapan yang tak boleh terlewat untuk working space adalah meja kerja. Untuk memilihnya, Anda bisa menyesuaikan meja kerja dengan kebutuhan atau luas ruangan. Anda bisa memilih meja lipat, meja yang terbuat dari kayu, maupun meja berbahan besi.

Kalau Anda sudah mempunyai meja kerja sebelumnya, Anda hanya perlu merapikan meja agar tampak lebih nyaman saat WFH. Misalnya, menambahkan vas bunga di atas meja atau kotak penyimpanan ATK.

Kursi Meja

Perlengkapan yang tak kalah penting untuk WFH adalah kursi kerja. Ada beberapa model kursi kerja yang bisa Anda pilih, mulai dari kursi kayu, kursi lipat, kursi berlengan, kursi beroda, atau kursi dengan sandaran empuk.

Pastikan Anda memilih kursi sesuai kebutuhan dan kenyamanan Anda. Dengan kursi yang pas atau cocok, Anda tidak akan merasa pegal-pegal saat duduk lama di depan laptop.

Laptop

Laptop dan komputer pastinya adalah kebutuhan utama untuk bekerja dari rumah. Bekerja dari jarak jauh atau remote sangat mengandalkan laptop untuk terhubung dengan tim kerja. Selain itu, saat WFH Anda perlu mengakses berbagai brief dan dokumen kerja menggunakan laptop.

Anda bisa memilih laptop yang sesuai kebutuhan kerja Anda. Misalnya, Anda bisa menyesuaikan kapasitas penyimpanannya, kecepatan aksesibilitas, maupun ukuran laptop. Untuk melindungi laptop dari kerusakan, Anda bisa menambahkan pendukung lain seperti anti gores atau case/sarung laptop.

Rak Kerja

Anda membutuhkan rak untuk menyimpan berbagai berkas atau dokumen kerja Anda. Untuk memudahkan saat mencari berkas, Anda bisa meletakkan rak di dekat meja kerja. Dengan begitu, Anda tidak perlu kebingungan lagi saat mencari berkas dan bisa mengambilnya dengan cepat.

Lampu

Saat bekerja dari rumah, pastinya Anda membutuhkan pencahayaan yang baik. Kekurangan cahaya bisa membuat mata Anda terasa pegal atau gampang capek. Anda bisa memilih lampu kerja sesuai dengan kebutuhan, baik dari segi harga maupun tingkat sinarnya. Anda juga bisa memilih model lampu yang Anda suka, misalnya lampu model gantung atau lampu berbentuk unik.

Alat Tulis Kantor

Menyiapkan alat tulis kantor saat kerja dari rumah juga tak kalah penting. Berbagai peralatan yang perlu Anda miliki, di antaranya buku, pulpen, pensil, hingga penghapus di atas meja kerja Anda. Alat tulis berguna ketika Anda ingin mencatat sesuatu yang penting berkaitan dengan pekerjaan Anda.

Penyangga Laptop

Supaya pandangan Anda tetap nyaman saat bekerja, Anda bisa menggunakan penyangga laptop. Penyangga laptop membuat Anda lebih nyaman saat bekerja. Posisi laptop yang lebih tinggi dan miring membuat pandangan Anda saat mengetik menjadi lebih nyaman.

Tips Membuat Working Space

Membuat ruang kerja pribadi jangan dilakukan secara asal-asalan. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat membuat working space di rumah.

Menata Area Kerja dengan Rapi

Kalau Anda ingin memiliki ruang kerja yang nyaman, Anda perlu menata area kerja dengan rapi. Letakkan dokumen dan kertas-kertas penting di rak khusus. Selain itu, Anda bisa menandai dokumen penting supaya lebih mudah dicari. Jadi dokumen tidak akan tergeletak di sembarang tempat.

Pastikan Ventilasi dan Pencahayaan Cukup

Memiliki sirkulasi udara dan pencahayaan yang cukup akan mendukung aktivitas Anda saat bekerja. Jika ruangannya sejuk dan pencahayaannya baik maka Anda lebih nyaman dan tidak cepat lelah saat bekerja. Jadi pastikan working space Anda memiliki ventilasi yang ideal dan pencahayaan yang mendukung.

Utamakan Kenyamanan untuk WFH

Budaya WFH membuat banyak orang harus beradaptasi untuk bekerja dari rumah. Pada akhirnya Anda harus menata ruang di rumah menjadi kantor pribadi atau working space. Pastinya Anda perlu mengutamakan kenyamanan saat bekerja. Anda bisa membeli bantalan kursi supaya punggung lebih nyaman, sehingga terhindar dari pegal-pegal. Anda juga bisa menyediakan camilan agar tidak bosan ketika bekerja.

Cat Ruangan Anda Sesuai Keinginan

Cat ruangan juga menjadi hal penting yang perlu Anda perhatikan. Warna cat dapat mempengaruhi suasana hati Anda. Selain itu, warna cat juga bisa menciptakan efek tertentu pada ruangan, seperti ruang menjadi tampak luas dan sempit atau terasa dingin dan panas.

Cat warna cerah bisa membuat mood Anda menjadi lebih bahagia dan bersemangat. Sementara cat berwarna gelap justru menciptakan suasana yang sebaliknya. Selain itu, warna-warna cerah akan membuat ruangan terlihat lebih luas, sehingga cocok diterapkan jika ruangan Anda sempit. Sementara cat berwarna gelap akan membuat ruangan terkesan lebih sempit dan terasa gerah.

Namun biasanya setiap orang memiliki warna kesukaannya masing-masing. Anda juga bisa memilih warna cat sesuai keinginan Anda sehingga membuat anda lebih nyaman saat bekerja.

Memanfaatkan PermataKTA untuk Membuat Working Space

PermataKTA adalah layanan pinjaman tanpa agunan yang bisa Anda manfaatkan untuk tambahan modal membangun working space di rumah. Dengan produk KTA dari PermataBank ini, Anda bisa membeli berbagai perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan tanpa pusing memikirkan kondisi keuangan.

PermataKTA bisa Anda dapatkan secara mudah melalui aplikasi mobile banking PermataMobile X. Platform perbankan digital ini bisa Anda unduh di PlayStore atau AppStore. PermataKTA menyediakan layanan hingga 300 juta rupiah.

Ada berbagai keuntungan lainnya yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan PermataKTA. Selain pinjaman hingga Rp300 juta, sejumlah kelebihan lain yang bisa Anda nikmati, di antaranya bunga rendah dan kompetitif mulai dari 0.88%, besar angsuran tetap hingga akhir masa pinjaman, pembayaran secara autodebet, jangka waktu pinjaman fleksibel dari 3 bulan hingga 5 tahun. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, Anda bisa mengunjungi laman https://www.permatabank.com/id/kta-retail/permatakta.
Toni Al-Munawwar
Toni Al-Munawwar Toni Al-Munawwar adalah seorang blogger dan penulis buku. Ia mulai menekuni dunia menulis dari blog pribadinya. Beberapa tulisannya pernah dimuat media cetak dan elektronik.

Posting Komentar untuk "Tips Membuat Working Space di Rumah dengan KTA"