Cara Mengkompres Video Dengan Handbrake Tanpa Mengurangi Kualitas Video

Cara Mengkompres Video Dengan Handbrake Tanpa Mengurangi Kualitas Video
Cara Mengkompres Video Dengan Handbrake Tanpa Mengurangi Kualitas Video

Konten video saat ini begitu diminati mulai dari kalangan anak muda hingga orang dewasa. Ya, video memang bisa menjelaskan informasi secara lebih detail dan memiliki visual yang menarik. Tak heran, jika saat ini banyak sekali content creator yang bermunculan. Namun, sebagai seorang content creator, terkadang kita butuh aplikasi yang bisa digunakan untuk mengkompres video agar proses upload video ke sosial media bisa lebih cepat.

Masalahnya, kebanyakan aplikasi pengkompres video akan menurunkan kualitas video pada saat dikompres, sehingga menyebabkan video menjadi blur dan tidak sedap ditonton. Nah, ini ada aplikasi pengkompres video tanpa mengurangi kualitas yang bisa dicoba. Namanya Handbrake.

Kelebihan Aplikasi Handbrake


Aplikasi ini memiliki beberapa kelebihan, di antaranya:

Gratis dan Legal


Ya, aplikasi ini gratis dan legal. Selain itu, Handbrake juga merupakan perangkat lunak open source artinya perangkat lunak ini bisa dikembangkan oleh siapa saja.

Ukuran File Kecil


Ukuran file juga relatif kecil hanya sekitar 19,5 MB. Sehingga tidak akan memakan ruang penyimpanan dan RAM. Jadi, kamu nggak perlu lagi khawatir soal penyimpanan bakal penuh ketika memasang perangkat lunak ini di laptop.

Mudah Digunakan


Ya, aplikasi Handbrake sangat mudah untuk digunakan. Tampilannya juga sederhana dan mudah dipahami. Jadi, kamu tidak akan mengalami kesulitan saat menggunakannya.

Kualitas File Tetap Terjaga


Ini yang saya suka dari aplikasi Handbrake. Kualitas file hasil kompres tidak berbeda jauh dengan versi aslinya. Jika kebanyakan perangkat lunak pengkompres video akan menurunkan kualitas file seiring ukuran file menjadi lebih kecil—hal itu tidak berlaku untuk Handbrake. Kualitas video tetap dipertahankan meski ukurannya sudah dibuat lebih kecil. Menarik, bukan?

Mendukung Banyak Format Video


Aplikasi ini mendukung banyak format video yang bisa dikompres. Sehingga kamu tidak perlu lagi merasa repot saat memiliki jenis file video dengan format yang berbeda.

Proses Kompres Video Cepat


Kecepatan saat melakukan kompres video tentu sangat dibutuhkan. Semakin cepat prosesnya, semakin cepat juga pekerjaan akan selesai. Handbrake didukung dengan software dan hardware acceleration sehingga membuat proses kompres video menjadi lebih cepat.

Mendukung Banyak Platform


Kelebihan lain yang dimiliki oleh Handbrake adalah mendukung banyak platform. Aplikasi ini bisa digunakan di Windows, macOS, maupun Linux. So, buat yang laptopnya tidak didukung oleh Windows, tetap bisa menggunakan perangkat lunak ini.

Cara Mengkompres Video Dengan Handbrake


Setelah mengetahui kelebihan Handbrake, tentu kamu bertanya bagaimana cara menggunakan aplikasi ini?

Yuk, simak langkah-langkahnya:

Pertama, unduh dulu aplikasinya. Kamu bisa unduh di https://handbrake.fr/

Setelah itu, imstall di laptop.

Kemudian, buka aplikasinya, akan tampil seperti gambar dibawah ini.

Cara Mengkompres Video Dengan Handbrake

Ada dua pilihan, bisa membuka file melalui folder atau membuka file secara langsung. Agar lebih mudah, pilih saja opsi kedua. Lalu unggah video yang akan dikompres.

Cara Mengkompres Video Dengan Handbrake



Tampilannya akan seperti ini, pilih dimention lalu pilih custom dan ubah top, bottom, left, dan right menjadi 0 (nol). Hal ini agar video tidak terpotong nantinya.

Cara Mengkompres Video Dengan Handbrake


Kemudian, pilih video dan atur pada bagian quality. Semakin ke kiri ukuran video akan semakin kecil dan kualitas juga akan menurun. Usahakan jangan terlalu ke kiri agar kualitasnya tetap terjaga.

Setelah itu, pilih browse untuk mengatur penyimpanan dan ubah format video ke format yang diinginkan. Misalmya .mp4. Kemudian pilih tempat di mana kamu akan menyimpannya dan klik simpan.


Terakhir, klik start encode dan tunggu hingga proses kompress selesai.

Toni Al-Munawwar
Toni Al-Munawwar Toni Al-Munawwar adalah seorang blogger dan penulis buku. Ia mulai menekuni dunia menulis dari blog pribadinya. Beberapa tulisannya pernah dimuat media cetak dan elektronik.

Posting Komentar untuk "Cara Mengkompres Video Dengan Handbrake Tanpa Mengurangi Kualitas Video"