Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Manfaat Kenapa Bisnis Harus Go Online

Manfaat Bisnis Go Online
Manfaat Bisnis Go Online

Apakah kamu adalah seorang pebisnis?


Jika iya, tentu kamu pasti merasakan sulitnya menjalankan bisnis di kala pandemi. Tak sedikit juga bisnis yang terpaksa gulung tikar karena keadaan ekonomi Indonesia yang tidak menentu. Ya, sejak pandemi melanda negeri ini, kita memang merasa kesulitan. Terlebih dari sisi ekonomi.

Banyak karyawan yang terpaksa harus di rumahkan. Semua itu dilakukan demi efisiensi dan menjaga agar bisnis tetap stabil. Betul? Itulah kenapa pada akhirnya banyak penngusaha yang mencoba cara baru yakni memindahkan bisnis dari offline ke online.

Apakah bisnis kamu juga sudah go online?

Jika belum, maka tidak menutup kemungkinan pada akhirnya nanti bisnis yang kamu jalankan terpaksa harus tutup. Karena tidak mampu bersaing dan beradaptasi dengan perkembangan zaman. Wah, gawat sekali, bukan?

Sebagai pelaku usaha tentu kita harus siap menghadapi berbagai tantangan dan mengikuti perkembangan zaman. Jika tidak, bisnis yang sudah kita jalankan bisa jalan di tempat bahkan terancam gulung tikar.

Begitu pun ketika pandemi covid-19 datang melanda negeri ini, kita harus bisa mengatasi berbagai kesulitan yang ditimbulkan akibat pandemi. Misalnya saja bisnis yang terus sepi dan tak ada pemasukan sama sekali.

Sebagai pebisnis, kita harus bisa mengatasi masalah tersebut. Lalu bagaimana caranya? Kita selaku pengusaha harus peka terhadap situasi dan peluang yang ada. Karena saat ini eranya digital, tidak ada salahnya untuk mencoba mengalihkan bisnis ke ranah digital.

Ada beberapa manfaat kenapa sebuah bisnis harus go online. Di antaranya adalah:

Menjangkau Target Market Lebih Luas


Ya, dengan go online-nya bisnis, kita bisa menjangkau target market lebih luas. Bukan hanya antar wilayah, melainkan bisa merambah antar negara maupun antar benua dengan biaya yang relatif rendah. Sehingga bisa memangkas pengeluaran yang tidak perlu untuk perusahaan.

Tidak Perlu Sewa Tempat


Salah satu kelebihan bisnis online adalah kita tidak perlu pusing dan repot untuk menyewa tempat. Karena bisnis bisa dikerjakan dari rumah. Ini cocok buat kamu yang baru merintis bisnis. Sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan modal yang besar saat pertama kali merintis usahamu.

Tidak Perlu Banyak Karyawan


Saat merintis usaha, tentu kamu membutuhkan seorang karyawan untuk mendukung agar bisnismu bisa berjalan lancar. Bagaima jika kamu belum mampu menggaji karyawan? Tidak usah terburu-buru untuk merekut karyawan.

Apalagi kamu masih merintis usahamu. Mulailah dengan mengerjakannya sendiri. Dengan bisnis kamu go online, setidaknya kamu tidak perlu merekut karyawan terlebih dahulu. Karena kamu juga masih mampu untuk mengerjakannya sendiri.

Memangkas Biaya Promosi yang Besar


Salah satu kelemahan bisnis konvensional adalah biaya promosinya terlalu besar. Betapa tidak, kita harus membuat brosur lalu menyebarkannya ke calon customer agar mereka tertarik dan membeli produk yang kita tawarkan. Biasanya, yang melakukan penyebaran brosur adalah karyawan kita sendiri.

Selain biaya pembuatan brosur, kita juga harus mengeluarkan uang untuk biaya transportasi dan makan karyawan. Karena merekalah yang berkeliling dari pintu ke pintu menawarkan brosur ke calon pelanggan. Jika di total tentu pengeluarannya cukup besar, bukan?

Berbeda dengan bisnis online, kita bisa menyebarkan brosur tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan. Selain itu, kita juga tidak perlu mencetak brosur dalam jumlah besar. Lebih hemat, bukan?

Pertumbuhan Bisa Lebih Cepat


Dengan hadirnya bisnis secara online, kita bisa lebih intens berinteraksi dengan customer. Selain itu, kita juga lebih mudah melakukan distribusi jika ada promo dan event-event spesial. Sehingga bisa lebih cepat diketahui customer. Alhasil, pertumbuhan bisnis bisa lebih cepat.

Nah itu dia, 5 manfaat kenapa bisnis harus go online.

Bagaimana, apakah bisnismu juga sudah go online?
Toni Al-Munawwar
Toni Al-Munawwar Toni Al-Munawwar adalah seorang Penulis dan Blogger. Memulai menekuni dunia menulis dari blog pribadinya. Untuk info lebih lanjut, silakan baca halaman "Profil Penulis" yang ada dalam blog ini. Terima kasih.

Posting Komentar untuk "5 Manfaat Kenapa Bisnis Harus Go Online"