Pentingnya Menguasai Bahasa Inggris di Era Global

Pentingnya Menguasai Bahasa Inggris di Era Global
089photoshootings on Pixabay

 

Menguasai kemampuan bahasa Inggris saat ini amatlah penting. Karena bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang dipakai oleh seluruh masyarakat dunia untuk melakukan komunikasi.


Untuk itu, sudah seharusnya kita menguasai bahasa internasional ini, agar aktivitas komunikasi kita bisa berjalan dengan lancar. Dulu, mungkin kita pernah berpikir, bahwa belajar bahasa Inggris tidak begitu penting.

Namun, saat ini bahasa Inggris sangatlah dibutuhkan. Karena kini kita hidup di era global di mana bahasa Inggris adalah jembatan kita untuk bisa berkomunikasi dengan orang asing. Apalagi jika kita ingin kuliah atau bekerja di luar negeri, tentu kita harus memiliki kemampuan bahasa Inggris yang mumpuni.

Ada banyak cara untuk bisa menguasai bahasa Inggris, misalnya belajar secara otodidak melalui film, Youtube, lagu, atau membaca buku berbahasa Inggris. Selain belajar secara otodidak, kita juga bisa mengikuti kursus bahasa Inggris baik secara offline maupun online. Apalagi jika kursus tersebut bisa mengeluarkan sertifikat bahasa Inggris resmi, itu akan menjadi nilai plus buat kita, karena bisa digunakan sebagai lampiran saat melamar kerja.

Manfaat Menguasai Bahasa Inggris


Ada banyak manfaat jika kita menguasai bahasa Ingris. Di antaranya:

Mudah Dalam Berkomunikasi


Ya, kendala banyak orang saat ingin berkomunikasi dengan orang asing adalah terkait kemampuan bahasa Inggrisnya. Sering kali kita merasa takut untuk berkomunikasi dengan orang asing, karena kita merasa kemampuan bahasa Inggris kita masih minim. Benar nggak?

Nah, hal itu tidak akan terjadi jika kita menguasai bahasa Inggris dengan baik. Kita akan merasa lebih percaya diri saat berkomunikasi dengan orang lain.

Menambah Teman atau Relasi


Dengan menguasai bahasa Inggris, kita jadi lebih mudah berkomunikasi dengan orang lain khususnya orang asing. Bukan hanya itu saja, kita juga bisa mendapatkan teman baru maupun relasi bisnis baru dari berbagai belahan dunia.

Mudah Mendapatkan Pekerjaan


Selain bisa menambah teman atau relasi bisnis, kita juga lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan. Apalagi saat ini banyak perusahaan asing di Indonesia, tentu memiliki skill bahasa Inggris yang mumpuni menjadi wajib bagi kita, agar bisa berkomunikasi dengan lancar dengan mereka.

Bisa Melanjutkan Pendidikan ke Luar Negeri


Banyak orang ingin kuliah ke luar negeri, namun terhalang oleh kemampuan bahasa Inggris yang masih pas-pasan. Alhasil, sebagian dari mereka mengurungkan niatnya untuk kuliah ke luar negeri.

Bisa melanjutkan pendidikan ke luar negeri adalah impian hampir setiap orang. Namun, untuk bisa kuliah di luar negeri tidaklah mudah. Selain karena biayanya yang cukup mahal, faktor bahasa kadang bisa menjadi penghambat.

Karena, mau tidak mau kita harus berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris, sebagai bahasa internasional. Bagi yang sudah lancar berbahasa Inggris, tentu tidak menjadi masalah. Tapi, bagi mereka yang tingkat bahasa Inggrisnya rendah tentu harus meningkatkan skill bahasa Inggris mereka. Agar nantinya mereka tidak mengalami kesulitan dalam berkomunikasi.

Penunjang Karir


Memiliki kemampuan bahasa Inggris, akan membantu menunjang jenjang karir kita lho. Karena di dunia global, bahasa Inggris adalah bahasa yang wajib kita kuasai. Bahkan, di dunia kerja, seseorang yang memiliki bahasa Inggris yang baik akan memiliki nilai plus tersendiri.

Sebagai contoh, jika kita memiliki rekan bisnis orang asing, maka cara berkomunikasinya pasti akan lebih banyak menggunakan bahasa Inggris. Betul? Kalau menggunakan bahasa Indonesia, tentunya rekan bisnis kita tidak akan paham.

Di era global ini, penting bagi kita untuk menguasai bahasa Inggris, karena dunia persaingan semakin ketat. Jika kita tidak memliki kemampuan bahasa Inggris, maka cepat atau lambat kita akan tertinggal dan tergilas.

Toni Al-Munawwar
Toni Al-Munawwar Toni Al-Munawwar adalah seorang blogger dan penulis buku. Ia mulai menekuni dunia menulis dari blog pribadinya. Beberapa tulisannya pernah dimuat media cetak dan elektronik.

Posting Komentar untuk "Pentingnya Menguasai Bahasa Inggris di Era Global"