Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Budayakan Membaca Pada Anak Bersama Tanoto Foundation

budaya membaca


Anak merupakan aset berharga bagi para orangtua. Sebab, mereka adalah pemegang tongkat estefet kehidupan berikutnya. Untuk itu, penting sekali bagi para orangtua agar bisa memberikan pendidikan terbaik bagi putra-putrinya. Agar kelak, mereka bisa tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang hebat bagi keluarga, nusa, dan bangsa. 

Bicara soal pendidikan bagi anak, kita bisa memulainya dengan hal kecil. Yaitu dengan menanamkan budaya membaca pada anak. Hal ini pun sejalan dengan wahyu pertama yang diterima oleh Rasulullah Saw, yakni surat Al-Alaq ayat 1-5 yang memerintakan Rasul untuk membaca. 

Artinya, membaca merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan khususnya dalam dunia pendidikan. Sebab, berangkat dari membacalah seseorang akhirnya bisa memiliki pengetahuan bahkan menjadi ahli di bidang tertentu. 

Untuk iu, penting sekali menanamkan budaya membaca pada anak. Salah satu caranya ialah dengan membacakan buku pada anak. Kegiatan ini memiliki beberapa manfaat. Di antaranya: 

Otak Anak Akan Semakin Aktif 


Otak itu terus bekerja. Semakin sering kita membacakan buku pada anak, maka otak mereka akan semakin aktif dan berkembang. Ini sungguh bagus untuk perkembangan otak anak. 

Mengenalkan Kosa Kata Baru 


Ya, semarikin sering membaca, maka kosa kata akan semakin bertambah. Hal ini juga berlaku bagi orangtua yang sedang membacakan buku pada putra-putrinya. Sebab, kosa kata yang dimiliki anak-anak masih sangat sedikit alias terbatas. Dengan semakin seringnya dibacakan buku oleh orangtua, maka membuat anak akan menemukan banyak kosa kata baru. Sehingga, bisa menambah pembendaharaan mereka ketika berkomunikasi. 

Meningkatkan Daya Imanijasi 


Membacakan buku-buku seperti dongeng atau fabel, bisa meningkatkan daya imajinasi anak. Tidak cuma itu, lambat laun hal ini juga bisa meningkatkan daya kreativitas anak. So, jangan remehkan membaca ya! 

Melatih Kemampuan Berpikir 


Membaca juga mampu melatih kemampuan berpikir anak. Semakin sering membaca, maka kinerja otak akan semakin baik. Pun, daya berpikir (nalar) anak akan semakin berkembang. Tentunya daya berpikir (nalar) yang semakin berkembang ini sangat berguna sekali bagi anak untuk bisa memecahkan masalah. 

Bekal Untuk Meningkatkan Prestasi Akademik 


Salah satu kunci untuk berprestasi adalah dengan belajar. Belajar tak lepas dari kegiatan membaca. Betul? Ya, dengan membaca wawasan akan semakin luas dan pengetahuan bertambah. Selain menambah wawasan, membaca juga mampu meningkatkan daya berpikir kritis anak. Inilah modal utama untuk bisa berprestasi baik secara akademik maupun non akademik. Setuju? 

Tanpa membaca, tentunya anak tidak akan tahu apa-apa. Pun, otak mereka bisa jadi tumpul. Selain itu, mereka juga bisa menjadi kudet (kurang update) karena memiliki sedikit sekali informasi. 

Nah, ternyata penting sekali ya membaca itu bagi pendidikan anak. Untuk itu, bagi para orangtua sebisa mungkin mulai menanamkamkan budaya membaca pada anak sejak dini. Agar nantinya mereka jadi terbiasa. 

Bagi para orangtua khususnya para Moms, bisa mengikuti kampanye #IndonesiaCintaMembaca yang diselenggarakan oleh Tanoto Foundation. Kalian bisa ikut dalam kompetisi #MomenBacaBersama dengan mengunggah foto atau video sedang membaca bersama anak sekreatif mungkin. Nah, sebelum itu yuk simak dulu syarat-syaratnya: 

  1. Orangtua atau pengasuh bersama anak usia 0-6 tahun 
  2. Memiliki akun instagram aktif dan asli 
  3. Unggah foto atau video membaca bersama anak sekreatif mungkin di feed instagram 
  4. Gunakan hashtag #IndonesiaCintaMembaca dan #MomenBacaBersama 
  5. Tag dan mention akun @tanotoeducation dan mention 3 orang temanmu 
  6. Setiap peserta atau akun boleh mengunggah foto atau video sebanyak mungkin 
  7. Kompetisi berlangsung mulai 10 September hingga 22 Desember 2020 
Setiap bulan akan dipilih 3 pemenang yang akan mendapatkan masing-masing voucher Gramedia senilai Rp. 500.000 dan paket Anak SIGAP berupa alat permainan edukatif (APE) loose part. 

Toni Al-Munawwar
Toni Al-Munawwar Toni Al-Munawwar adalah seorang Penulis dan Blogger. Memulai menekuni dunia menulis dari blog pribadinya. Untuk info lebih lanjut, silakan baca halaman "Profil Penulis" yang ada dalam blog ini. Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Budayakan Membaca Pada Anak Bersama Tanoto Foundation"

Berlangganan via Email