This Blog is protected by DMCA.com

6 Cara Sederhana Agar Stay at Home-mu Tetap Berfaedah


stay at home

Sejak, persebaran covid-19 semakin meluas, maka pemerintah mencanangkan agar belajar di rumah, ibadah di rumah, maupun bekerja dari rumah. Pun, diberlakukannya social distancing semakin menutup ruang gerak seseorang untuk bisa bebas keluyuran keluar rumah. Sekarang ini, banyak orang yang mau nggak mau harus stay at home demi menekan angka persebaran covid-19 dan meminimalisir dampak yang ditimbulkannya. Terutama, agar tak banyak lagi korban yang berjatuhan. Agar stay at home bisa lebih menyenangkan dan berfaedah, kita bisa melakukan hal-hal berikut ini: 

Stay at home membuatmu punya lebih banyak waktu untuk membaca 


Buat kamu yang nggak ngapa-ngapain dan bingung harus melakukan kegiatan apa, kamu bisa mengisi waktu dengan membaca. Bisa membaca novel, biografi, kisah inspiratif, maupun pengembangan diri. Membaca tidak hanya menghibur dan menambah wawasan aja lho, tetapi kita juga bisa mengambil hikmah atau pelajaran dari apa yang kita telah baca. Tentunya, hal itu akan sangat berguna sekali. Misalnya, kita membaca biografi B.J. Habibie, bagaimana perjuangan beliau bisa kuliah di Jerman hingga mampu membuat sayap pesawat terbang. Dari kisah hidup Eyang Habibie, kita bisa belajar bahwa untuk bisa mewujudkan impian dibutuhkan semangat juang yang tinggi, kerja keras, dan pantang menyerah. 

Selain itu membaca punya banyak manfaat bagi yang ingin menjadi penulis. Salah satunya kaya akan wawasan. Tentu ini menjadi modal yang bagus untuk penulis. Sebab, penulis secara tidak langsung dituntut untuk memiliki wawasan yang luas agar bisa menghasilkan karya yang berkualitas. Betul ya? 

Menulis membuatmu lebih produktif meski di rumah aja 


Meski di rumah aja, bukan berarti kita bisa asyik-asyikan rebahan. Daripada menghabiskan waktu hanya sekadar untuk rebahan, lebih baik gunakan waktu di rumah aja untuk produktif menulis. Bagi yang suka menulis dan bercita-cita ingin menjadi penulis, hal ini tentunya efektif untuk melatih dan mengembangkan kemampuan menulis yang dimiliki. Sebab, tak ada tips menulis yang paling mudah selain berlatih menulis setiap hari. Apalagi saat ini sudah banyak sekali patform-platform menulis yang bertebaran sehingga kemampuan menulismu bisa semakin terasah. 

Nggak usah jauh-jauh, kita bisa menulis di blog misalnya. Semakin sering menulis, tentu kemampuan kita akan semakin meningkat. Bukan tidak mungkin, nantinya kamu juga bisa menulis buku lho. Wah, asyik sekali, ‘kan? So, daripada rebahan terus, mending mulai menulis deh! Siapa tahu nanti kamu bisa jadi penulis terkenal seperti Asma Nadia, Kang Abik, Tere Liye, Andrea Hirata, dll. Aamiin. 

Menggambar mampu mengusir penat dan mengasah kreativitasmu 


Bosen melakukan hal yang itu-itu aja? Kita bisa mencoba menggambar. Menggambar bisa membantu kita untuk mengusir penat dan mengembalikan mood menjadi lebih baik. Tidak hanya itu saja, menggambar juga mampu untuk mengasah kreativitas. Sebuah penelitian dalam jurnal ilmiah Neurolmage mengungkapkan bahwa mahasiswa yang belajar menggambar dan melukis akan menjadi seniman yang lebih baik. Bukan cuma itu saja, menggambar juga bisa menghilangkan stress. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam The Jurnal of Korean Medical Science menemukan bahwa terapi seni dapat membantu meringankan kecemasan pada penderita penyakit jantung (tempo.co, 2018). 

Tak ada salahnya, kita mengisi waktu luang dengan menggambar. Selain bisa mengusir penat, kegiatan ini juga bisa membuat skill menggambar kita semakin meningkat. Boleh jadi, suatu hari kita bisa menjadi penggambar yang andal. 

Bermain bersama anak membuat kasih sayang makin erat 


Salah satu hal positif dari wacana work from home ialah membuat para orangtua lebih memiliki banyak waktu bersama anak. Pun, adanya kebijakan ini membuat pekerjaan bisa dilakukan dari mana saja termasuk dari rumah. Selain itu, para orangtua yang tadinya super sibuk dengan urusan kantor, kini bisa memiliki banyak waktu untuk menemani buah hati mereka. Bermain bersama anak yang biasanya cuma seminggu sekali sekarang bisa setiap hari. Bermain bersama anak, tidak hanya sekadar menemani mereka bermain, tapi lebih dari itu, kegiatan ini sebagai bukti bentuk perhatian dan kasih sayang dari orangtua. Sehingga kasih sayang yang terjalin akan semakin erat. 

Tetap berolahraga agar badan sehat dan terhindar dari virus corona 


Meski sedang stay at home bukan berarti kita abai dengan kesehatan diri. Kita harus tetap menjaga kesehatan salah satunya dengan rajin berolahraga. Wabah virus corona yang semakin gencar harusnya membuat kita mawas diri dengan kesehatan. So, meski sedang di rumah aja, jangan malas berolahraga ya. Agar badan tetap sehat dan terhindar dari virus corona

Ikut Kursus Online 


Nah, biar nggak bad mood dan tetap berfaedah meski di rumah aja, kita bisa ikut kursus online. Sekarang ini sudah banyak bertebaran kursus online. Kita bisa tinggal pilih yang sesuai passion. Misalnya, passion kita menulis, ya tinggal ikut kelas menulis online baik yang gratis maupun berbayar. Tapi, saya sarankan kalau ikut kelas menulis baik gratis dan berbayar, belajarlah dengan sungguh-sungguh. Mungkin saat ini ilmu-ilmu yang ada di kelas online belum kita rasakan manfaatnya. Tapi, percayalah suatu hari nanti ilmu itu akan berguna. 

Referensi:

Tempo.co. (2018). 7 Manfaat Menggambar untuk Kemampuan Otak dan Kesehatan. https://cantik.tempo.co/read/1157384/7-manfaat-menggambar-untuk-kemampuan-otak-dan-kesehatan. [Diakses pada 25 Maret 2020]

Toni Al-Munawwar Toni Al-Munawwar adalah seorang Penulis dan Blogger. Memulai menekuni dunia menulis dari blog pribadinya. Untuk info lebih lanjut, silakan baca halaman "Profil Penulis" yang ada dalam blog ini. Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

4 Komentar untuk "6 Cara Sederhana Agar Stay at Home-mu Tetap Berfaedah"

  1. Saya termasuk salah satu pribadi yang punya keinginan untuk menerbitkan buku sendiri, mas. Dalam usaha mewujudkannya, saya membikin blog untuk mengasah kemampuan literasi dan konsistensi menulis. Semoga saya dapat merealisasikan keinginan saya ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga keinginannya segera terwujud Mas, blog memang menjadi sarana yang bagus untuk mengasah kemampuan menulis, Mas. Jangan lupa iringi juga dengan banyak membaca ya Mas. :)

      Hapus
  2. Saya termasuk yang mengisi waktu dengan menulis, tapi buat ibu2 stay at home dengan tiga anak ternyata membuat waktu luang tidak kemudian jadi banyak. Harus masak berulang kali dan akibatnya waktu untuk menulis ya tetep aja nggak kemudian jadi banyak. Yang penting tetap disisihkan waktu buat nulis, biar tetap waras.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang sulit Bu, menyisihkan waktu luang terlebih sebagai ibu rumah tangga. Ada yang harus lebih di prioritaskan. Semoga, ibu bisa terus menulis meski dengan waktu luang yang amat terbatas.

      Hapus
Aturan Berkomentar : Harap dibaca dan perhatikan setiap aturan dengan saksama!

1.Berkomentar sesuai topik.
2. Dilarang Spam.
3. Dilarang meninggalkan link Blog/Web
4. Jangan basa-basi seperti mantab Gan, nice info, maupun sejenisnya.
5. Usahakan berkomentar yang relevan dengan topik yang di bahas.
6. Komentar yang menyisipkan link web atau blog, termasuk kategori spam dan tidak akan di approved!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel