Pentingnya Menguasai Html dan CSS dalam Ngeblog

Dalam kegiatan ngeblog, mau tidak mau kita akan bersinggungan dengan html dan css. Oleh karena itu, penting sekali untuk menguasai html dan css paling tidak dasarnya saja.



Sebenarnya para master Blogger sangat jarang sekali membahas hal ini. Namun, setelah mengarungi dunia blogging selama kurang lebih lima tahun, saya mengamati dengan saksama bahwa menguasai html dan css itu ternyata sangat penting. Paling tidak minimal paham dasarnya saja. Kenapa? Mau tidak mau, saat seseorang terjun ke dunia blogging, dia pasti akan bersinggungan dengan html maupun css. Betul?

Kegiatan ngeblog memang tidak bisa dipisahkan dengan kegiatan ngoding. Dalam hal ini berkutat dengan html dan css. Nggak usah jauh-jauh, misalnya kita ingin membuat halaman About Me yang berada di sidebar, maka untuk bisa membuat halaman itu tampil di sidebar kita perlu menguasai html maupun css. Masih kurang jelas?

Dalam kegiatan ngeblog, mau tidak mau kita akan bersinggungan dengan html dan css. Oleh karena itu, penting sekali untuk menguasai html dan css paling tidak dasarnya saja.


Perhatikan menu Profil Penulis yang ada pada gambar, menu tersebut tidak akan muncul di sidebar, jika tidak kita tidak tahu caranya. Begitu juga menu-menu yang ada di sebelahnya. Bukan, begitu?

Seberapa penting sih menguasai html dan css dalam ngeblog?

Menurut saya sangat penting. Contoh lagi, untuk bisa membuat menu dan sub menu seperti pada gambar dibawah, lagi-lagi kita perlu menguasai html dan css. Betul?

Dalam kegiatan ngeblog, mau tidak mau kita akan bersinggungan dengan html dan css. Oleh karena itu, penting sekali untuk menguasai html dan css paling tidak dasarnya saja.


Bagaimana tampilannya sangat menarik dan keren, bukan?

Selain itu tampilan menu dan sub menu seperti ini tidak memakan ruang blog, sehingga bisa lebih ringkas dan terlihat elegan. Bukan, begitu?

Apa itu html?

Html adalah singkatan dari Hyper Text Markup Language. Arti simplenya begini, sebuah bahasa yang digunakan untuk membuat halaman web maupun blog. Juga bahasa yang digunakan browser untuk menampilkan konten atau informasi dari sebuah web maupun blog. Format dasar struktur html adalah sebagai berikut:

<! DOCTYPE html>
<html>
</head>
<body>
</body>

Keuntungan menguasai html adalah:


  1. Bisa membuat link internal dan eksternal
  2. Bisa membuat paragraf dari tulisan
  3. Membuat tulisan tebal
  4. Membuat tulisan miring
  5. Membuat tulisan garis bawah
  6. Membuat baris baru
  7. Dan masih banyak lagi

Untuk menambah pemahaman kita tentang html, ada baiknya kita sedikit pratik ya. Kali ini saya akan mengajarkan cara membuat link dengan menggunakan html. Memang, ketika kita membuka teks editor blogger, sudah ada menu untuk membuat link. Tinggal klik beres. Tetapi, tidak ada salahnya, bila kita belajar membuat link dengan html. Keuntungannya adalah, saat ingin membuat link sebuah alamat webisite, blog, facebook, twitter, dan lainnya kita tidak perlu membuka teks editor yang ada di blogger.

Ok, mari berpratik membuat link. Sebelum itu pahami dulu struktur link dasar html. Yakni menggunakan tag <a> seperti berikut : <a href=””></a>

Keterangan: <a href=”” adalah tag pembuka untuk membuat link. Tanda kutip digunakan untuk menuliskan alamat link yang akan di tuju. Sedangkan </a> adalah tag penutup. Jika tidak ada tag penutupnya, maka kode tidak berfungsi. Untuk bisa menuliskan kode html kita perlu menggunakan teks editor. Teks editor yang paling mudah ditemui dan bawaan windows adalah notepad. Silakan, buka notepadnya terlebih dahulu. Setelah itu, ketik kode berikut:

<a href="https://sultonisolikhon.blogspot.co.id"> Blog Toni Al-Munawwar </a>

Jika sudah, klik save dengan nama Blog Toni Al-Munawwar.html

Ingat! Ekstensi .hml jangan sampai lupa. Sekarang, buka kembali file itu dan klik dua kali. Biasanya, file akan bergambar ikon browser yang sering digunakan. Misalnya, saya sering menggunakan Google chrome, maka ikon tersebut yang akan muncul. Ketika di klik, maka kita akan dibawa menuju browser yang sering digunakan, dan terdapat tulisan Blog Toni Al-Munawwar di sana. Coba sekarang klik tulisan itu, maka kalian akan dibawa menuju blog saya ini.

Untuk membuat link terbuka pada tab baru, tambahkan kode target=”_blank” pada hasil kode yang tadi di simpan.

Contoh : <a href="https://sultonisolikhon.blogspot.co.id" target=”_blank”> Blog Toni Al-Munawwar </a>

Sekarang, coba ulangi langkah seperti di atas, bagaimana hasilnya? Terbuka di tab baru, bukan?

Cukup mudah bukan belajar html?

Apa itu css?

Sekarang, kita belajar tentang css. Css adalah singkatan dari Cascading Style Sheets. Simplenya, css digunakan untuk mempercantik tampilan website maupun blog. Masih menggunakan notepad, mari belajar membuat tulisan menjadi berwarna biru dan background berwarna kuning.

Silakan ketik kode berikut: <p style="color:blue; background-color:yellow;">Tulisan akan berwarna biru dan background berwarna kuning.</p>

Simpan dengan nama tulisan berwarna biru dan background kuning.html

Hasilnya akan seperti ini:

Tulisan akan berwarna biru dan background berwarna kuning.

Kesimpulan: Dalam kegiatan ngeblog, mau tak mau kita harus menguasai html dan css. Sebab, secara tidak langsung, kita pasti sering bersinggungan dengan dua bahasa itu. Tidak perlu sampai mahir, cukup mengerti akan dasar-dasarnya saja sudah sangat membantu. Apalagi sampai mahir, tentu manfaat yang dirasakan akan lebih besar lagi.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Pentingnya Menguasai Html dan CSS dalam Ngeblog"

Posting Komentar

Aturan Berkomentar : Harap dibaca dan perhatikan setiap aturan dengan saksama!

1.Berkomentar sesuai topik.
2. Dilarang Spam.
3. Dilarang meninggalkan link Blog/Web
4. Jangan basa-basi seperti mantab Gan, nice info, maupun sejenisnya.
5. Usahakan berkomentar yang relevan dengan topik yang di bahas.
6. Komentar yang menyisipkan link web atau blog, termasuk kategori spam dan tidak akan di approved!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel