Jangan Suka Senang Melihat Orang Lain Susah (SMS) atau Sebaliknya



nyinyir
Fabian Mardi on Unsplash


Assalamualaikum sobat... ;)


Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang " SMS ". Eittss... tunggu dulu sobat, SMS yang kali ini saya bahas bukan SMS sembarangan sobat.. Hehehe :D. SMS kali ini bukan seperti yang sobat kira yaitu mengirim pesan. SMS yang saya maksud disini yaitu :

1. Susah melihat orang lain senang

2. Senang melihat orang lain susah

Apa maksudnya tuh ?

Mungkin diantara sobat ada yang bertanya demikian. Oke saya akan jelaskan sedikit :). Misalnya, ketika ada orang lain yang mampu membeli sebuah mobil baru yang harganya cukup mahal dan pekerjaan orang itu hanya sebagai tukang bakso misalnya, dan kita tidak mampu membelinya. Kita serta merta langsung mengatakan " uang dari mana tuh dia bisa beli mobil bagus seperti itu, paling juga hasil mencuri " mungkin fikiran seperi itu yang akan keluar dalam benak kita. Kemudian kita memfitnah orang tersebut dengan memgatakan bahwa orang tersebut membeli mobil dari hasil mencuri. Inilah yang disebut " SmS ".

Contoh selanjutnya : misalnya ada orang kaya tiba-tiba ia jatuh miskin. Kemudian dengan serta merta kita mengatakan " rasain loe emang enak jadi miskin, makan duit haram sih ! ". Ini juga yang dinamakan " SMS ". Ketahuilah sobat sifat " SMS " ini mengantarkan kita kepada sifat syu'udzan ( buruk sangka ), iri, dan dengki kepada orang lain. Sifat " SMS " adalah salah satu penyakit hati yang jarang kita sadari. Oleh karena itu, marilah kita menghindari sifat ini sobat agar kita tidak terjatuh dalam lembah kemaksiatan.


Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk saya khususnya dan kita semua pada umumnya. :) ^_^ :)


Wassalamualaikum Wr. Wb. ;) ;)
Toni Al-Munawwar
Toni Al-Munawwar Toni Al-Munawwar adalah seorang blogger dan penulis buku. Ia mulai menekuni dunia menulis dari blog pribadinya. Beberapa tulisannya pernah dimuat media cetak dan elektronik.

Posting Komentar untuk "Jangan Suka Senang Melihat Orang Lain Susah (SMS) atau Sebaliknya"