5 Cara Memulai Bisnis Kuliner Hingga Sukses!

Cara Memulai Bisnis Kuliner
Cara Memulai Bisnis Kuliner


Kamu suka memasak alias jago membuat makanan?

Keahlian kamu dalam memasak bisa dijadikan peluang bisnis lho. Ya, kamu bisa mecoba membuka bisnis kuliner. Bisnis kuliner adalah salah satu peluang bisnis yang tidak ada matinya. Lihat saja, mereka-mereka yang sudah memulainya lebih dulu—hampir setiap hari usaha kuliner ini selalu ramai pengunjung.

Namun, memulai bisnis kuliner hingga sukses bukanlah perkara mudah. Kalau kamu ingin sukses seperti mereka, ada beberapa tips yang bisa kamu coba.

Tentukan Jenis Kuliner yang Akan Kamu Pasarkan


Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan jenis kuliner yang akan dijual. Sebaiknya, pilih satu atau dua jenis kuliner saja. Sebab, semakin spesifik maka akan semakin unik dan membuat orang jadi tertarik.

Misalnya, Pecel Lele Bu Y, Bakso Urat Haji S, Soto Betawi Bang D, dll. Itu contoh kecil saja. Kalau kamu lebih jago membuat makanan jenis apa? Nal, hal itu bisa kamu jadikan sebagai bisnis kuliner utamamu sekaligus menu andalan nantinya.

Fokus Pada Rasa


Rasa dalam makanan atau masakan sangat vital perannya. Jika rasanya tidak enak, sudah pasti tidak ada orang yang mau memakan makanan buatanmu. Begitu pun dalam bisnis kuliner, rasa sangat menentukan kesuksesan dalam bisnis.

Hal pertama yang akan dinilai pengunjung adalah soal rasa. Jika rasanya dinilai tidak enak, maka pengunjung akan kapok dan tidak mau datang lagi. Alhasil, kamu akan kehilangan pelanggan. Sepinya pengunjung, membuat pemasukan juga menurun drastis. Imbasnya, bisnis akan cepat gulung tikar.

Pastikan Bersih dan Higienis


Selain soal rasa, penting sekali untuk menjaga kerbersihan dan kehigienisan makanan. Bukan hanya pada makanan, hal ini juga berlaku untuk lokasi, kotak makan, maupun alat makan. Jika tempatnya saja sudah terlihat kotor dan kumuh, tentu orang malas untuk datang.

Untuk itu, jangan sepelekan hal semacam ini. Karena, imbasnya pada kelangsungan bisnis. Selalu jaga kebersihan dan kehigienisan baik pada tempat, kotak makan, alat makan, maupun pada makanan itu sendiri. Sehingga pengunjung merasa nyaman dan betah makan di warung, kedai, atau restoran kamu.

Berikan Pelayanan Terbaik


Ke tiga, hal yang tak boleh dilupakan adalah pelayanan. Kamu harus memberikan pelayanan terbaik agar pengunjung merasa puas dan mau datang lagi bahkan merekomendasikannya ke orang lain. Misalnya, jika pengunjung makan di tempat, kamu harus bisa mengantarkan pesanan tepat waktu.

Jangan membuat pengunjung menuggu terlalu lama. Begitu pun jika ada pesanan secara online, pastikan selalu tepat waktu dalam pengiriman. Semakin baik pelayanan yang diberikan, akan membuat pengunjung semakin puas.

Gunakan Bahan Baku yang Masih Segar


Dalam memulai bisnis kuliner, kamu juga harus memperhatikan kesegaran bahan baku yang digunakan. Karena, kesegaran bahan baku akan memengaruhi cita rasa masakan. Jika, bahan baku yang digunakan ternyata sudah layu, maka rasa masakan juga tidak akan enak.

Rutinlah mengecek kondisi kesegaran bahan baku. Hal ini untuk menjaga cita rasa makanan tetap terjaga dengan baik. Jika rasa makanan ternyata tidak enak akibat bahan bakuyang tidak lagi segar, maka pengunjung akan kecewa dan tidak pernah mau datang lagi.

Membangun bisnis kuliner memang tidak mudah. Jika ingin sukses dalam bisnis ini, kamu bisa menerapkan lima cara memulai bisnis kuliner hingga sukses ini. Ingat, kunci utama kesuksesan bisnis kuliner terletak pada rasa, kebersihan, kehigienisan, dan kesegaran bahan baku.
Toni Al-Munawwar
Toni Al-Munawwar Toni Al-Munawwar adalah seorang blogger dan penulis buku. Ia mulai menekuni dunia menulis dari blog pribadinya. Beberapa tulisannya pernah dimuat media cetak dan elektronik.

Posting Komentar untuk "5 Cara Memulai Bisnis Kuliner Hingga Sukses!"