5 Keuntungan Menjadi Blogger yang Perlu Kamu Tahu!

5 Keuntungan Menjadi Blogger yang Perlu Kamu Tahu!

5 Keuntungan Menjadi Blogger yang Perlu Kamu Tahu!



Mungkin kamu bertanya-tanya, apa sih enaknya menjadi blogger? Sebenarnya, menjadi blogger di era digital seperti saat ini, memiliki banyak keuntungan. Jika dulu, profesi ini dicibir dan dipandang sebelah mata—kini hal itu tidak terjadi lagi. Justru, banyak orang yang menjadikan blogger sebagai profesi utama mereka.

Lalu, apa saja keuntungan menjadi blogger?

Tulisan Bisa Dibaca Banyak Orang


Ya, salah satu keuntungan menjadi seorang blogger adalah tulisan bisa dibaca banyak oang. Apalagi jika tulisan kita bisa membawa dampak positif buat pembaca—rasanya pasti menyenangkan sekali.

Mungkin memang terlihat sepele, tetapi jangan salah, boleh jadi ada seseorang yang terbantu dengan informasi yang kita berikan melalui blog. Hal ini bisa menjadi amal jariyah bagi kita di kemudian hari.

Berpeluang Menghasilkan


Menulis di blog bukan berarti tidak bisa menghasilkan. Kita tetap bisa menghasilkan uang meski hanya sekadar menulis di blog. Salah satunya kita bisa mendapatkan penghasilan dari Google Adsense.

Google Adsense masih menjadi sumber penghasilan utama bagi banyak blogger. Untuk bisa menghasilkan dari Google Adsense—kita harus mendaftarkan blog kita terlebih dahulu. Jika memenuhi syarat, maka blog bisa menayangkan iklan dan mulai menghasilkan uang.

Dikenal Banyak Orang


Selain bisa menghasilkan, kita juga berpeluang untuk dikenal banyak orang. Semakin ramai sebuah blog di kunjungi, akan membuat kita juga semakin terkenal. Asyik, bukan? Bukan itu saja, semakin populer sebuah blog, maka akan membuka peluang rezeki. Semakin banyak orang yang ingin bekerja sama dengan blog kita.

Ajang Mengasah Kemampuan Menulis


Tidak bisa dipungkiri, kalau menulis itu susah. Apalagi bagi yang belum terbiasa menulis pasti akan merasa kesulisan. Menulis di blog, bisa menjadi sarana yang efektif untuk melatih kemampuan menulis. Semakin sering berlatih, maka kemampuan menulis akan semakin berkembang.

Buat kamu yang sudah mahir menulis, bisa mencoba untuk mengembankan karir seperti menulis buku, menulis di koran atau majalah, maupun menulis di media online. Siapa tahu kamu bisajadi penulis terkenal seperti Asma Nadia, Andrea Hirata, Kang Abik, dll.

Dengan menulis buku, kamu akan mendapatkan royalti dari buku yang kamu tulis. Tentu ini bisa menjadi passive income buat kamu. Selain menulis buku, kamu juga bisa menulis di koran, majalah, maupun media elektronik. Honor menulis di media cetak dan elektronik juga lumayan berkisar ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Apalagi saat ini banyak sekali daftar media yang menerima tulisan dan memberikan honor baik media cetak atau elektronik.

Berpeluang Bekerja Sama Dengan Brand


Ya, saat ini profesi blogger memang banyak dilirik oleh brand-brand besar. Bisanya, bentuk kerja sama yang ditawarkan oleh brand berupa content placement yakni artikel yang telah ditulis oleh brand dan blogger diminta untuk mempostingnya di blognya dengan menyisipkan tautan sesuai permintaan pihak brand.

Selain content placement, ada juga kerja sama dalam bentuk sponsored post yakni artikel ditulis sendiri oleh blogger. Untuk sponsored post biasanya honornya lebih tinggi karena blogger menulis sendiri. Sedangkan fee content placement biasanya lebih murah dari sponsored post.

Jadi, menulis di blog itu tidak akan sia-sia. Selain bisa memberikan manfaat kepada pembaca, kita juga bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Bagaimana apakah kamu tertarik juga untuk menjadi blogger?

Nah, itulah 5 keuntungan menjadi seorang blogger.

 

Toni Al-Munawwar
Toni Al-Munawwar Toni Al-Munawwar adalah seorang blogger dan penulis buku. Ia mulai menekuni dunia menulis dari blog pribadinya. Beberapa tulisannya pernah dimuat media cetak dan elektronik.

Posting Komentar untuk "5 Keuntungan Menjadi Blogger yang Perlu Kamu Tahu!"