This Blog is protected by DMCA.com

Gonggong Seafood Khas Kepulauan Riau yang Iconic Banget

Gonggong seafood khas Kepulauan Riau
SenuScape dari Pexels


Ada yang tahu Gonggong? Bagi pecinta kulineran tentu tidak asing dengan makanan satu ini. Ya, Gonggong adalah salah satu seafood khas yang berasal dari Kepulauan Riau. Bagi yang suka travelling khususnya ke Kepulauan Riau rasanya belum afdal jika belum mencicipi makanan khas satu ini. Gonggong sendiri ialah sejenis siput laut dengan ukuran sedang. Makanan ini begitu digandrungi wisatawan domestik maupun mancanegara karena rasanya yang yahud dan memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. 

Ada empat jenis Gonggong yang bisa kita makan. Ada Gonggong ayam yang berukuran kecil dan berwarna hitam, ada Gonggong tipis dengan cangkang putih, ada Gonggong putih dengan cangkang tebal, serta ada Gonggong tebal dengan cangkang berwarna merah. 

Gonggong Ada di Semua Restoran Seafood 


Saking populernya dan menjadi primadona di Kepualuan Riau, Gonggong banyak dijual di restoran seafood. So, bagi yang penasaran dengan kelezatannya bisa langsung datang aja ke sana atau ke restoran seafood yang menjual makanan khas satu ini. Kita juga bisa mengulik lebih dalam tentang seafood khas Kepulauan Riau ini melalui gonggong.id

Tugu Gonggong Menjadi Landmark Tersendiri 


Kepopuleran Gonggong membuat pemerintah daerah setempat berinisiatif untuk membangun Tugu Gonggong. Tugu ini terletak di Tanjungpinang Kepulauan Riau yang berhadapan langsung dengan laut Laman Boenda. Bentuknya yang unik mirip siput atau keong, menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung. So, bagi yang suka travelling mencari tempat unik dan kece, wajib datang nih ke Tugu Gonggong. Bangunannya yang unik, sangat memikat hati untuk berselfie. Ditambah lagi, bentuknya yang khas terlihat instagramable banget. 

Tugu Gongong bisa menjadi solusi bagi para orangtua yang sedang mencari tempat wisata yang edukatif. Anak-anak bisa belajar tentang keberagaman budaya yang dimiliki Indonesia juga keunikan setiap daerah. Seperti Tugu Gonggong yang unik ini. Setiap daerah tentu memiliki keunikannya tersendiri. Dengan mengenal keunikan yang ada di setiap daerah, anak-anak tentu akan lebih mudah mengingat masing-masing daerah itu. Betul? 

Batik Gonggong Iconic Kepulauan Riau 


Tak hanya dibuatkan tugu, ternyata Gonggong juga ada batiknya. Amazing Guys! Dari segi motif memang tak jauh beda dengan batik pada umumnya, hanya saja batik ini memiliki motif tambahan yakni motif Gonggong. Tidak hanya itu, ternyata batik ini hanya dijual di satu toko saja. So, eksklusif banget ya? 

Batik Gonggong memiliki ciri khas dengan warnanya yang terlihat cerah. Selain itu, batik ini juga menjadi souvenir atau buah tangan saat berkunjung ke Kepulauan Riau. Soal harga, batik Gonggong cukup bersahabat kok. Harganya sendiri berkisar mulai dari Rp. 150.000-an aja. Murah meriah, kan? 

Nah, itulah sedikit ulasan tentang Gonggong. Selain sebagai seafood, makanan khas satu ini juga sampai dibuatkan tugu dan batiknya. Sebab, saking terkenalnya nama Gonggong. Tentu, hal ini juga akan berimbas pada pemasukan daerah setempat. Sehingga roda perekonomian bisa terus berputar. Bukan, begitu? 

Gonggong tak bisa dimungkiri menjadi ikon khas bagi Kepulauan Riau khususnya Tanjungpinang. Terlebih adanya Tugu Gonggong yang unik mirip siput raksasa menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan khususnya kaum milenial untuk berkunjung ke sana. Ditambah lagi, bentuknya yang khas membuat milenial akan keranjingan selfie saat berkunjung ke tugu ini untuk dijadikan konten media sosial khususnya di Instagram. Tentu, hal ini akan membuat Gonggong dan Kepulauan Riau makin dikenal luas. 

Gimana tertarik berkunjung ke sana?
Toni Al-Munawwar Toni Al-Munawwar adalah seorang Penulis dan Blogger. Memulai menekuni dunia menulis dari blog pribadinya. Untuk info lebih lanjut, silakan baca halaman "Profil Penulis" yang ada dalam blog ini. Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

10 Komentar untuk "Gonggong Seafood Khas Kepulauan Riau yang Iconic Banget"

  1. Aku tau gongong pas dibawain Ama Abang ipar yg baru balik tugas dari sana. Kirain itu bekicot, Krn mirip kan. Awalnya rada geli mau coba, tp pas lama2, kok enak jugaaa hahahah. Dan senengnya pas diajak makan Ama temen ke resto seafood di Ancol, bandar Jakarta, mereka jg jual gongong. Setidaknya ga ush jauh2 kalo kangen makan ini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekilas bentuknya emang mirip bekicot Mbak. Iya, saking populernya tuh, Gonggong jadi dijual di banyak resto seafood Mbak. Hehe.

      Hapus
  2. tampaknya lezat sekali, setelah menikah jarang makan seafood karena suamiku gak doyan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dicoba Bu, sekarang banyak kok resto seafood yang menjualnya.

      Hapus
  3. aku ga begitu suka siput tapi lihat penampakannya kok kayaknya menarik ya
    ini khas kepri ya kalau enggak pandemi pingin banget jalan jalan ke sana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas khas Kepri. Sayang sekali sedang pandemi jadi nggak ada wisatawan yang pergi ke sana karena efek stay at home.

      Hapus
  4. Wah, jujur saya baru tahu apa itu gonggong. Jadi penasaran, bagaimana rasanya. Langsung terasa lapar lihat gambarnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa pesan di resto seafood secara online Bu. Gambar hanya pemanis. Hehe.

      Hapus
  5. Alhamdllah udah pernah nyoba, bahkan dulu sempat nyari gonggong di pasir pantai. Pulau2 gak berpenghuni waktu surut.

    BalasHapus
Aturan Berkomentar : Harap dibaca dan perhatikan setiap aturan dengan saksama!

1.Berkomentar sesuai topik.
2. Dilarang Spam.
3. Dilarang meninggalkan link Blog/Web
4. Jangan basa-basi seperti mantab Gan, nice info, maupun sejenisnya.
5. Usahakan berkomentar yang relevan dengan topik yang di bahas.
6. Komentar yang menyisipkan link web atau blog, termasuk kategori spam dan tidak akan di approved!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel