Cara Karat Besi Hilang Dengan Cepat


karat besi hilang
pixabay.com/TanteTati

Ingin tahu bagaimana karat besi hilang dengan cepat dan mudah? Jangan bingung, artikel ini akan membahasnya secara lengkap untuk Anda. 

Besi memang sangat mudah terkena karat dan menyebabkan rapuh. Karat besi hilang bisa Anda lakukan dengan sangat cepat. Karena, karat yang dibiarkan hanya akan membuat besi menjadi rapuh. Kemudian dapat menyebabkan putus atau rusak serta tidak bisa digunakan. Alangkah baiknya, untuk bisa menghilangkan karat besi tersebut. 

Benda logam memang sangat mudah terkena karat. Banyak sekali penyebab dari terjadinya karat pada besi ini. Terpenting, jika sudah terkena karat maka harus dibersihkan dengan segera. Jangan menunda untuk membersihkan karat yang ada pada besi. Tertarik mengetahui cara karat besi hilang dengan cepat? Artikel ini akan membahasnya secara lengkap untuk Anda.

Beberapa Cara Karat Besi Hilang Dengan Cepat 


Cukup banyak cara yang bisa digunakan untuk menghilangkan karat pada besi. Berikut beberapa caranya:

Gunakan Cuka Putih 


Cara pertama yang bisa Anda lakukan yaitu dengan menggunakan cuka putih. Penggunaan cuka putih sangat membantu untuk menghilangkan karat besi secara cepat. Karena, kandungan dari cuka putih ini sangat signifikan. Bahkan, proses yang dilakukan sangat mudah dan dapat dilakukan sendiri di rumah. 

Bagaimana caranya? Pertama, Anda bisa menyiapkan cuka putih terlebih dahulu. Jika sudah, maka tahapan selanjutnya yaitu merendam besi ke dalam larutan cuka tersebut. Kemudian, Anda bisa menggosoknya untuk membantu dalam membersihkan karat. Anda bisa menggunakan sikat untuk membersihkannya. Dijamin, akan bersih secara cepat!

Menggunakan Asam Sitrat 


Tahukah Anda, bahwa asam sitrat bisa digunakan untuk menghilangkan karat pada besi? Larutan ini memang bisa untuk melakukan hal tersebut. Tentunya dengan menggunakan cara tersendiri dalam melakukannya. Beberapa toko tentu menjual produk ini untuk berbagai macam kebutuhan. Jadi, Anda tidak perlu bingung dalam mencarinya. 

Cara penggunaannya juga sangatlah mudah. Yaitu, cukup dengan merendam benda yang berkarat didalam larutan ini selama kurang lebih 30 menit saja. Setelah itu, Anda bisa menggosok permukaan dengan menggunakan sikat sampai bersih. Maka, karat akan rontok dan hilang serta besi menjadi bersih kembali.

Gunakan Baking Soda 


Tidak hanya digunakan sebagai bahan untuk pengembang makanan, baking soda juga memiliki manfaat untuk menghilangkan karat besi. Namun, hanya berguna untuk karat yang masih ringan saja. Jadi, jika besi tersebut sudah terkena karat terlalu lama maka tidak bisa. Karena penanganannya memang berbeda. 

Untuk penggunaanya tidaklah sulit. Yaitu, Anda hanya perlu mengoleskan baking soda ke area yang terdapat karat. Kemudian, bisa dibersihkan dengan menggunakan air bersih dan sikat. Dengan begitu, karat akan menjadi hilang dan tidak kembali lagi.

Garam Dan lemon 


Perpaduan dari garam dan lemon memiliki manfaat yang begitu baik. Termasuk, bisa digunakan untuk membersihkan karat pada besi. Karena adanya karat pada besi ini tentu sangat merusak. Dengan menggunakan garam dan lemon, maka bisa membersihkan karat. 

Bagaimana caranya? Campurkan kedua bahan tersebut terlebih dahulu. Jika sudah, Anda bisa mengoleskannya pada semua bagian yang terdapat karat. Lalu bersihkan dengan menggunakan sikat dan air bersih. Dijamin, dalam beberapa menit saja besi akan menjadi seperti baru lagi! 

Ternyata, tidak sulit ya untuk membersihkan karat pada besi? Dengan menggunakan cara di atas, dijamin proses pembersihan akan menjadi lebih mudah. Serta, besi akan menjadi lebih kuat dan terhindari dari kerapuhan. Semoga bermanfaat!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

4 Komentar untuk "Cara Karat Besi Hilang Dengan Cepat"

  1. Garam dan lemon juga bisa menghilangkan karat? Yuni baru tahu.

    Yah, barangkali ada sendok yang berkarat kan alih-alih dibuang beli baru, bisa dibersihkan dengan cara-cara itu.

    *melarat amat kayaknya.
    Hehehe

    BalasHapus
  2. Kebetulan aku sedang butuh info ini. Kemarin mau ngarit rumput buat kelinci eh aritnya karatan.

    Sebenarnya aku penulis atau tukang ngarit sih hahaham.

    BalasHapus

Aturan Berkomentar : Harap dibaca dan perhatikan setiap aturan dengan saksama!

1.Berkomentar sesuai topik.
2. Dilarang Spam.
3. Dilarang meninggalkan link Blog/Web
4. Jangan basa-basi seperti mantab Gan, nice info, maupun sejenisnya.
5. Usahakan berkomentar yang relevan dengan topik yang di bahas.
6. Komentar yang menyisipkan link web atau blog, termasuk kategori spam dan tidak akan di approved!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel