Hidup Sehat dengan Mengurangi Karbohidrat

Hidup Sehat dengan Mengurangi Karbohidrat merupakan resensi atas buku Mitos Jahat Karbohidrat: Kepo Untuk Keto karya dr. Toru Mizoguchi terbitan Qanita dan dimuat oleh Koran Kedaulatan Rakyat pada 05 Agustus 2018
Dimuat Kedaulatan Rakyat 05 Agustus 2018


Judul Buku : Mitos Jahat Karbohidrat: Kepo Untuk Keto 

Penulis : dr. Toru Mizoguchi 

Penerjemah : Dian Kusuma Wardhani 

Penerbit : Qanita 

Cetakan/Terbit : 1, Mei 2018 

Tebal : 172 hlm 

Isbn : 978-602-402-121-4 

Dimuat Kedaulatan Rakyat 05 Agustus 2018

Melaui buku ini, dr. Toru Mizoguchi memaparkan bahwa penyakit diabetes, penyakit alergi serbuk sari, kanker, pendarahan otak, demensia, depresi, dan sebagainya, disebabkan oleh terlalu banyak mengonsumsi zat gula atau karbohidrat. Dipaparkan pula bahwa mengatur asupan karbohidrat secara tepat dan menstabilkan kadar gula darah merupakan metode untuk mencapai “tubuh yang sehat sampai akhir hayat” (hlm 15). 

Buku ini tidak akan berbicara tentang menghentikan asupan karbohidrat sepenuhnya, tetapi membicarakan masalah yang muncul pada kondisi banyak orang akibat mengonsumsi nasi putih, roti putih, gula putih, serta makanan olahan secara berlebihan (hlm 17). Selain itu, membatasi karbohidrat secara ketat dapat membuat kalori dalam tubuh berkurang secara drastis tanpa disadari, dan kadang-kadang dapat membuat kesehatan menurun. Maka dari itu, makan roti ataupun nasi secukupnya, dapat bermanfaat memenuhi kebutuhan kalori (hlm 16). 

Pembatasan karbohidrat yang dijelaskan oleh dr. Toru Mizoguchi ini bertujuan untuk mengembalikan fungsi tubuh yang rusak atau yang selnya menjadi rusak karena mengonsumsi karbohidrat berlebih. Mengurangi karbohidrat, dan mengutamakan mengonsumsi protein dan lemak, akan mengembalikan kondisi tubuh seperti semula. Dengan mengembalikan kondisi tubuh seperti semula, maka mesti sekali-sekali terpaksa harus mengonsumsi banyak karbohidrat, kadar gula darah tidak lagi mudah naik atau turun (hlm 18). 

Dengan kata lain, karena sebelumnya sudah melakukan pembatasan karbohidrat dengan baik, mengonsumsi karbohidrat atau tidak, tubuh masih tetap dapat menstabilkan kadar gula darah. Lewat buku ini, dr. Toru Mizoguchi menegaskan bahwa pembatasan karbohidrat tidak lain hanyalah bertujuan untuk menstabilkan kadar gula darah, meningkatkan semua fungsi tubuh, serta menciptakan kesehatan yang abadi (hlm 19). 

Buku ini sangat layak dibaca siapa saja yang ingin tetap sehat. Terutama bagi penderita penyakit diabetes, obesitas, maupun depresi, saya sarankan untuk membaca dan melakukan metode diet karbohidrat yang dijelaskan oleh dr. Toru Mizoguchi melaui buku terbarunya ini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Hidup Sehat dengan Mengurangi Karbohidrat"

Posting Komentar

Aturan Berkomentar : Harap dibaca dan perhatikan setiap aturan dengan saksama!

1.Berkomentar sesuai topik.
2. Dilarang Spam.
3. Dilarang meninggalkan link Blog/Web
4. Jangan basa-basi seperti mantab Gan, nice info, maupun sejenisnya.
5. Usahakan berkomentar yang relevan dengan topik yang di bahas.
6. Komentar yang menyisipkan link web atau blog, termasuk kategori spam dan tidak akan di approved!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel