Tertarik Terjun ke Dunia Investasi Apartemen? Ini Panduannya


Investasi apartemen bisa sangat menguntungkan, salah satu sebabnya karena sebagian apartemen yang dibeli bukan untuk ditinggali, tapi disewakan. Dengan begitu, pemilik apartemen bisa menerima pemasukan setiap bulannya dari apartemen yang disewakan ini. 

Tidak sampai di situ saja, beberapa faktor berikut menjadi jawaban kenapa Anda perlu terjun ke bidang ini: 

Apartemen bisa jadi investasi jangka menengah

Tertarik Terjun ke Dunia Investasi Apartemen? Ini Panduannya merupakan panduan untuk seseorang yang ingin terjun ke dunia investasi apartemen.
Sumber Gambar: jendela360.com (https://jendela360.com/jual-apartemen-kalibata-city-apartment)


Dengan menyewakan unit apartemen, Anda bisa menerima pendapatan untuk jangka waktu beberapa tahun ke depan. Misalnya saja, bila rata-rata jangka waktu sewa apartemen sekitar 2 sampai 3 tahun, berarti Anda menerima pendapatan yang lumayan besar selama jangka waktu ini. Uang sewa apartemen bisa Anda terima tiap tahun atau sekaligus selama jangka waktu sewa. 

Anda bisa menyewakan unit yang lengkap dengan furniture seperti tempat tidur, lemari, kompor, meja makan, kulkas, serta mesin cuci. Atau Anda bisa sewakan unit dalam kondisi kosong. Biasanya harga apartemen tanpa perabot lebih terjangkau dibanding apartemen yang lengkap dengan perabot. Meski begitu lebih banyak calon penyewa yang mencari apartemen yang telah lengkap perabotnya. 

Angka permintaan yang tinggi 

Jumlah Warga Negara Asing yang berdatangan ke Jakarta terus meningkat. Ini memberi pengaruh pada tingkat permintaan apartemen. Ini tak lain karena Warga Negara Asing tidak memiliki hak kepemilikan properti di Indonesia. Mereka tidak bisa membeli apartemen. Kebanyakan mereka memutuskan untuk sewa apartemen sehingga angka permintaan apartemen menjadi tinggi, apalagi di area yang dekat dengan pusat bisnis. Selain Warga Negara Asing, jumlah masyarakat kelas menengah ke atas juga meningkat. Mereka biasanya memilih tinggal di apartemen yang lebih terjangkau dari tempat kerja atau sarana hiburan. 

Tingkat hunian meningkat 

Apartemen yang berada di kawasan strategis biasanya memiliki tingkat hunian yang tinggi. Ini karena banyak calon penghuni yang mencari apartemen agar lebih dekat dengan lokasi mereka beraktivitas. Yang juga perlu diingat, penyewa apartemen Anda bukan hanya berasal dari penyewa baru. Penyewa apartemen Anda yang sekarang mungkin akan memperpanjang masa sewa bila mereka merasa nyaman. 

Apartemen untuk ditinggali sendiri 

Tak masalah bila Anda memilih untuk tinggal di apartemen yang Anda beli. Dengan begitu Anda bisa menikmati suasana baru bersama keluarga, atau Anda bisa memiliki mobilitas lebih tinggi dengan tinggal di apartemen. 

Nah, setelah memutuskan untuk berinvestasi apartemen, langkah selanjutnya adalah menentukan apartemen mana yang akan jadi investasi Anda. Perhatikan beberapa hal berikut: 

Lokasi 

Tentukan area tempat Anda ingin membeli apartemen. Misalnya, bila Anda mencari apartemen di kawasan Jakarta Selatan, Anda bisa cari info lebih spesifik tentang jual Apartemen Kalibata City

Riset pasar 

Sebelum membeli, riset pasar untuk memastikan Anda mendapat nilai dari uang yang ada. Bicara pada agen properti dan cari tahu penjualan apartemen terbaru di area tersebut. Kumpulkan informasi sebanyak mungkin. Jangan hanya mengandalkan saran dari pengembang atau agen properti. Ini khususnya penting karena Anda perlu pastikan nilai apartemen setidaknya sesuai dengan uang yang Anda bayar. 

Lakukan kunjungan 

Tertarik Terjun ke Dunia Investasi Apartemen? Ini Panduannya merupakan panduan untuk seseorang yang ingin terjun ke dunia investasi apartemen.
Sumber Gambar: jendela360.com (https://jendela360.com/jual-apartemen-kalibata-city-apartment)


Kunjungi lokasi sesering mungkin ketika mencari apartemen yang sesuai keriteria agar Anda punya bayangan mana yang sesuai dengan anggaran Anda. 

Cek fasilitas apartemen 

Pastikan apartemen yang Anda minati dekat dengan fasilitas yang Anda prioritaskan, misalnya supermarket, transportasi publik, taman, rumah sakit, sekolah, kantor, pusat kebugaran, dan sebagainya. Ini sangat penting terutama bila Anda ingin menarik minat penyewa potensial. 

Lingkungan apartemen 

Ketika memilih tinggal di apartemen tertentu, pertimbangkan apakah apartemen dekat dengan kafe atau tempat acara musik live lainnya. Bagaimana dengan kepadatan lalu lintas, apakah akan sangat berisik pada jam sibuk? Apakah suara bising akan mengganggu aktivitas Anda? Sebaiknya kunjungi gedung apartemen di malam hari atau selama jam lalu lintas yang sibuk sebelum Anda sepakat untuk membelinya. 

Usia bangunan apartemen 

Berapa usia bangunan apartemen? Anda perlu pertimbangkan usia gedung yang akan Anda tinggali. Apakah ada fasilitas yang membutuhkan perbaikan atau harus diganti? 

Sistem keamanan di apartemen 

Seperti apa sistem keamanan di gedung apartemen yang akan Anda beli? Apakah siapa saja bisa leluasa masuk ke gedung apartemen? Apakah terdapat kamera pengawas? 

Kondisi unit 

Apakah terdapat area balkon agar Anda bisa menikmati pemandangan atau sinar matahari di sore hari? Atau Anda terhalang oleh gedung lain atau apartemen tidak menghadap ke arah yang Anda inginkan? 

Biaya maintenance 

Bagaimana dengan biaya maintenance? Banyak orang tidak memikirkan aspek ini ketika membeli apartemen baru. Mereka umumnya hanya menghitung biaya untuk listrik serta air. Cari tahu besaran biaya maintenance, mana yang sudah termasuk dalam biaya maintenance dan mana yang belum, misalnya biaya parkir biasanya terpisah dari biaya maintenance. 

Tiap orang pasti membutuhkan tempat tinggal. Apartemen telah menjadi alternatif hunian ideal bagi masyarakat perkotaan. Jadi sangat tepat bila Anda berinvestasi di bidang ini.

Sumber Gambar: https://jendela360.com/jual-apartemen-kalibata-city-apartment
Toni Al-Munawwar
Toni Al-Munawwar Toni Al-Munawwar adalah seorang blogger dan penulis buku. Ia mulai menekuni dunia menulis dari blog pribadinya. Beberapa tulisannya pernah dimuat media cetak dan elektronik.

Posting Komentar untuk "Tertarik Terjun ke Dunia Investasi Apartemen? Ini Panduannya"