Inilah 7 Manfaat Membaca yang Harus Kamu Tahu

Inilah 7 Manfaat Membaca yang Harus Kamu Tahu



Hi Guys, weekend ini pada ngapain nih? Ok, kali ini saya ingin berbagi pengalaman tentang membaca. Bicara soal membaca, negara kita ternyata berada di urutan yang sangat memprihatinkan soal minat membaca. Ya, masyarakat kita saat ini mungkin belum melek membaca tapi saya harap suatu hari nanti negara kita bisa jauh lebih baik peringkatnya soal minat membaca. Apa saja sih manfaat dari kegiatan satu ini? Ternyata banyak banget lho. Yuk kita simak.

1.Update Infomarsi


Salah satu manfaat dari membaca adalah kita bisa update informasi terbaru. Jadi nggak kudet ya Guys hehehe. Arus informasi saat ini memang tak terbendung. Dalam hitungan menit saja, kita bisa tahu kejadian terhangat yang sedang beredar. Atau peristiwa-peristiwa yang lagi hits alias viral. Keren kan? Apalagi di era digital seperti sekarang, cukup bermodalkan smartphone kita bisa mengetahui segala peristiwa yang lagi booming. Wow!

2. Tambah Wawasan


Ya, sudah tidak bisa dibantah lagi, kalau membaca memang membuat wawasan kita jadi lebih bertambah luas. Betul, ya? Dengan bertambahnya wawasan, kita jadi bisa lebih menyikapi setiap persoalan dengan baik. Tidak hanya itu saja menurut saya, pola pikir kita juga semakin berkembang. wawasan dan pola pikir yang berkembang dapat membantu kita melihat dari berbagai sudut pandang terhadap suatu peristiwa maupun persoalan.

3. Menilai dan Membedah Suatu Karya


Ini kaitannya dengan membaca buku. Dari seringnya membaca buku, saya jadi mampu menilai kualitas satu karya dengan karya lainnya. Untuk sampai pada tahap ini, tentu tidak mudah. Hal ini bisa kita lakukan bila sudah terbiasa dan sering membaca buku. Dari segi tulisan pun saya mampun membedakan. Ada tulisan yang berat, sedang, bahkan ringan. Dari sini, saya jadi paham mana karya yang benar-benar berkualitas dan mana yang masih harus diperbaiki. Jadi, nggak ada ruginya kalau kita suka baca buku ya Guys :).

4. Kaya Akan Kosa Kata


Manfatnya selanjutnya dari membaca adalah kita jadi kaya akan kosa kata. Kosa kata ini sangat penting lho. Kenapa? Sebab, untuk bisa membuat tulisan yang enak, renyah, dan gurih itu dibutuhkan banyak kosa kata. Nah, hal ini tidak bisa kita dapatkan bisa malas membaca. Betul ya? Untuk kamu yang hobi nulis entah sekadar untuk mengisi blog, kudu menyukai kegiatan membaca. Bila tidak, maka tulisan kita akan menjadi garing. Alhasil berimbas pada pengunjung blog. Merugikan kan? Yuk, kita tanamkan gemar membaca sejak dini.

5. Mampu Membuat Paragraf Narasi 


Dari seringnya membaca karya fiksi salah satunya novel, saya jadi bisa banyak belajar bagaimana cara membuat paragraf narasi dan deskriptif dalam cerita. Ya, untuk bisa membuat cerita yang apik, dibutuhkan keahlian dalam meramu setiap komponen cerita.

6. Mampu Membuat Paragraf Deskriptif


Paragraf yang tidak bisa diabaikan jika ingin membuat cerita. Paragraf deskriptif menurut saya memiliki andil yang cukup kuat dalam sebuah cerita, di mana paragraf ini berfungsi sebagai efek visual dari kisah yang dibuat. Sehingga pembaca seakan-akan melihat secara langsung atau terlibat dalam setiap momen dalam kisah tersebut.

7. Menguasai Majas


Dalam setiap karya sastra baik puisi maupun novel, sering kali kita temukan sebuah majas di dalamnya. Majas ini berguna untuk menghidupkan suatu cerita. Selain itu juga untuk menimbulkan kesan puitis. Untuk bisa membuat majas yang menarik memang sangat sulit, butuh sering-sering berlatih untuk bisa menemukan komposisi yang pas.

Nah, itulah Guys manfaat membaca yang saya dapat berdasarkan pengalaman langsung. Ternyata banyak sekali ya manfaatnya. Saya rasa masih banyak lagi manfaat lainnya, namun belum saya temukan. Hehehe. Jika ketemu, akan saya update di sini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Komentar untuk "Inilah 7 Manfaat Membaca yang Harus Kamu Tahu"

  1. Saya dulu males banget baca, tapi akhir-akhir ini mulai saya biasain mulai baca dan nambah banyak ilmu termasuk dari blog mas ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul itu Mas, membaca memang sangat bermanfaat sekali salah satunya ilmu kita jadi bertambah. Alhamdulillah, terima kasih Mas sudah berkunjung di rumah yang sederhana ini dan berkenan membaca. :)

      Hapus

Aturan Berkomentar : Harap dibaca dan perhatikan setiap aturan dengan saksama!

1.Berkomentar sesuai topik.
2. Dilarang Spam.
3. Dilarang meninggalkan link Blog/Web
4. Jangan basa-basi seperti mantab Gan, nice info, maupun sejenisnya.
5. Usahakan berkomentar yang relevan dengan topik yang di bahas.
6. Komentar yang menyisipkan link web atau blog, termasuk kategori spam dan tidak akan di approved!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel