Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Saat Malas Nulis, Pindah Menggambar Grafis

menggambar grafis
Rober Gonzales on Unsplash



Saat sedang menulis, tentu pernah mengalami yang namanya mandeg ditengah jalan. Buntu, tak bisa melanjutkan tulisan. Terus bagaimana? Ya, mending jangan dilanjutkan nulisnya. Lho, kenapa? Karena ide sudah habis, jadi mentok. Plus bingung mau melanjutkannya bagaimana.

Setiap orang punya caranya masing-masing untuk mengatasi ide yang buntu. Kalau saya sudah buntu menulis, maka saya akan pindah main desain grafis. Selain memang suka, bermain grafis juga mampu mengundang imajinasi. Ah, yang benar?

Terserah mau percaya atau tidak, tetapi saat ide tulisan sudah buntu maka saya main grafis. Eh, tanpa sengaja hal ini mengundang ide tulisan baru. Apa tuh? Yaitu, seperti yang sedang kamu baca ini. Hehehe... :D

Iya juga ya?

Yups. Lagi pula jika dipaksa juga tak ada hasilnya tetap saja mentok. Kenapa pilih main grafis, nggak yang lain? Ya, karena saya suka dunia grafis. Kalau sudah menyukai, maka mengerjakannya juga akan dengan senang hati. Tanpa paksaan.

Di sini saya belajar membuat kartun dari sebuah foto. Memang, prosesnya cukup sulit, tetapi ketika berhasil rasanya puas dan lega banget.

Ide itu bisa datang dari mana saja lho? Ah, yang benar nih? Iya, buktinya tulisan ini ada karena lagi malas nulis. Aneh kan, lagi malas nulis malah menghasilkan sebuah tulisan. Maka ketika lagi nggak mood untuk menulis maupun ngisi blog, saya terkadang tidak menulis malah melakukan hal lain seperti membuat gambar kartun dari foto misalnya.

Di situ saya menikmati kegiatan gambar ini. Bahkan, sesekali tertawa sendiri karena hasilnya yang masih hancur alias buruk. Tetapi, itu justru menjadi hiburan sekaligus keseruan tersendiri. Otak juga jadi lebih fresh. Akhirnya, ide baru pun datang. Taaraa!

Sama halnya orang kalau lagi suntuk di rumah. Itu berarti dia butuh keluar, menikmati embusan udara, menyusuri setiap jalan, sampai pergi liburan. Tujuannya agar tak suntuk lagi. Mennulis juga begitu, kalau ide sudah mentok pasti akan menimbulkan rasa malas. Kenapa? Sebab, nggak tahu lagi apa yang harus ditulis. Jika sudah begini, lebih baik lakukan kegiatan lain. Agar kita tak merasa bosan. Bisa jadi juga kegiatan itu malah mengundang ide baru berdatangan. Apa mungkin? Ya, sangat mungkin sekali. Tak usah pusing, ide tulisan ini saja buktinya sangat sederhana. Namun, ketika ditulis ternyata cukup panjang ya. Ngggak nyangka kan? Iya, saya saja tidak menyangka ternyata bisa cukup panjang hasilnya. 

Oh, iya sampai lupa, ide ini awalnya hanya sebuah status fecebook saya saat merasa bete dan malas untuk nulis makanya pindah ke gambar grafis. Ya, hitung-hitung berimajinasi lewat gambar. Dari status itu, lalu tiba-tiba muncullah ide untuk membuat tulisan ini. Hasilnya ya yang seperti kalian baca saat ini.

So, bagi kalian yang bingung nggak ada ide. Nggak usah bingung, sebab ide itu bisa datang kapan saja dan di mana saja. Plus dalam kegiatan apa saja ide itu juga bisa datang. Saya sendiri, awalnya nggak kepikiran menulis ini. Sebab, saat sedang asyik menggambar ide ini tak muncul. Bermain grafis hanya untuk mengisi kebosanan dan kemalasan saya saat menulis. Ternyata, malah dapat ide untuk menulis ini ya sudah langsung deh ketak-ketik di atas keyboard. Ok, inilah hasilnya sekaligus endingnya ya hehehe.
Toni Al-Munawwar
Toni Al-Munawwar Toni Al-Munawwar adalah seorang Penulis dan Blogger. Memulai menekuni dunia menulis dari blog pribadinya. Untuk info lebih lanjut, silakan baca halaman "Profil Penulis" yang ada dalam blog ini. Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Saat Malas Nulis, Pindah Menggambar Grafis"