Ini yang Harus ditanamkan Calon Penulis (Pemula)




Banyak penulis pemula yang bingung harus memulai. Termasuk juga saya. Apa yang harus dilakukan pertama kali? Ada tiga hal penting yang harus ditanamkan oleh calon penulis (pemula). Apa saja tiga hal itu? Mari kita simak.

1. Niat


Niat merupakan salah satu hal yang penting. Kenapa? Karena niat merupakan langkah awal sebelum memulai. Jika tidak ada niat, bagaimana kita akan memulai? Jadi, tanamkanlah niat yang kuat dalam hati. Jangan setengah-setengah. Agar apa yang dilakukan hasilnya bisa lebih maksimal.

2. Mental


Kedua, seorang penulis pemula dituntut memiliki mental yang kuat. Kenapa? Karena karyanya akan dibaca banyak orang. Juga dikritik. Ketika mendapat kritikan yang pedas, jangan berkecil hati. Juga jangan sedih. Jadikan itu sebagai motivasi dan tolak ukur untuk bisa menjadi lebih baik. Jangan risau bila tulisanmu masih jelek, karena tidak ada tulisan yang terlahir langsung bagus. Semua butuh proses dan kerja keras. Nikmatilah proses itu. Yakinlah pada kemampuanmu. Seiring berjalannya waktu, tulisan yang tadinya buruk akan berangsur lebih baik. Juga lebih berkembang.

3. Keyakinan


Seorang penulis harus memiliki sebuah keyakinan. Bagaimana bisa ia menjadi penulis bila tidak yakin? Keyakinan ini yang nantinya akan terus mendorong kita untuk terus menulis. Jika kita tidak yakin dan percaya pada diri sendiri, lantas siapa yang akan mau memercayai kalau kita adalah penulis? So, yakinlah. Sebelum orang lain percaya padamu, buatlah dirimu percaya pada diri sendiri. Karena itu sangat penting. Jika ingin jadi penulis, ya harus yakin kalau kau mampu. Bukan malah pesimis. Optimislah. Pesimis itu tidak baik. Karena akan menghilangkan semangat. Memang, semua itu butuh perjuangan. Percayalah, tidak ada usaha yang sia-sia. Semua itu akan dibayar mahal pada waktunya.


Itulah, tigal hal penting utama yang harus dimilki calon penulis (pemula) dalam memulai. Sebelum melangkah lebih jauh, agaknya tanamkan dulu tigal hal utama di atas. Agar memiliki Fondasi (dasar) yang kuat sebelum menulis.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Komentar untuk "Ini yang Harus ditanamkan Calon Penulis (Pemula)"

Aturan Berkomentar : Harap dibaca dan perhatikan setiap aturan dengan saksama!

1.Berkomentar sesuai topik.
2. Dilarang Spam.
3. Dilarang meninggalkan link Blog/Web
4. Jangan basa-basi seperti mantab Gan, nice info, maupun sejenisnya.
5. Usahakan berkomentar yang relevan dengan topik yang di bahas.
6. Komentar yang menyisipkan link web atau blog, termasuk kategori spam dan tidak akan di approved!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel