Ada yang Hilang Bila Tidak Menulis



Sehari tidak menulis. Membuat ada yang hilang dari hidup saya. Entah apa itu. Memang, menulis itu menyenangkan. Hampir setiap hari saya menulis. Tidak peduli bagus atau jelek, sempurna atau tidak. Asal bisa menulis, itu sudah lebih dari cukup. Hati terasa lega dan plong. Karena telah menuangkan segala ide dan gagasan yang ada di kepala.

Selesai menulis, saya membaca kembali tulisan yang sudah selesai. Mencermarti dengan baik. Barangkali ada typo, atau kesalahan lain dalam menulis. Ya, belajar menjadi editor sendiri. Sekaligus berperan menjadi pembaca. Ya, begitulah. Banyak yang bilang kalau penulis itu juga editor bagi tulisannya sendiri. Pernyataan ini memang benar, karena kita bisa belajar menjadi editor yang baik. Juga meminimalisir kesalahan dalam tulisan. Efeknya, tulisan menjadi lebih menarik dan enak dibaca.

Selain itu juga, banyak ilmu baru dan kosa kata baru yang bisa kita dapat dari menulis. Bagi saya, menulis sudah menjadi bagian hidup. Maka ketika tidak menulis, rasanya seperti ada yang hilang dari hidup saya. Lebih dari kehilangan seorang pacar sekalipun. Mungkin terdengar lebay alias berlebihan. Apapun itu, yang jelas itulah yang saya rasakan dan alami.

Terserah mereka mau bilang apa. Tapi, yang penting saya tetap bisa menulis. Karena menulis sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam hidup saya. Mungkin itulah yang dinamakan dengan cinta. Apapun yang dilakukan atas dasar cinta tentu terasa lebih nikmat dan menyenangkan.

Apa yang bisa ditulis?

Apa saja bisa jadi bahan tulisan. Seperti tulisan saya ini yang merasa kehilangan ‘sesuatu’ bila tidak menulis. Entah apa yang dimaksud ‘sesuatu’ itu. Tapi, yang jelas, apapun bisa jadi ide dalam menulis. Ya, benar apapun itu. Karena ide itu banyak. Bahkan sangat banyak. Bisa jadi ide itu berasal dari sesuatu yang sering kita lihat. Atau kejadian menarik di lingkunan tempat tinggal kita. Semua itu bisa jadi bahan tulisan yang menarik. Jadi, menulislah!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Komentar untuk "Ada yang Hilang Bila Tidak Menulis"

  1. Betul mas berarti mas udah menemukan passion dari jiwa menulis. Karena memang inspirasi datangnya darimana aja apalagi kalau berasal dari hal yang belum dipikirkan orang. Yang pasti jadi unik.

    Semoga apa yang mas tulis jadi mendatangkan pahala dan penghasilan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas, saya menikmati pekerjaan ini. Amin.. Terima kasih Mas :)

      Hapus

Aturan Berkomentar : Harap dibaca dan perhatikan setiap aturan dengan saksama!

1.Berkomentar sesuai topik.
2. Dilarang Spam.
3. Dilarang meninggalkan link Blog/Web
4. Jangan basa-basi seperti mantab Gan, nice info, maupun sejenisnya.
5. Usahakan berkomentar yang relevan dengan topik yang di bahas.
6. Komentar yang menyisipkan link web atau blog, termasuk kategori spam dan tidak akan di approved!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel