Jangan suka Ghibah



ghibah
Ben White dari Unsplash


Assalamualaikum....... Sobat blogger ;)


Selamat Siang, Bagaimana kabar kalian ?

Semoga kita semua diberikan kesehatan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Amiin...

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang ghibah. Ini merupakan kelanjutan dari artikel saya yang berjudul Senang Melihat Orang Lain Susah.

Sebelum saya membahas tentang ghibah, Apa sih ghibah itu ? Mungkin sebagian sahabat blogger ada yang bertanya demikian. Oke, saya akan jelaskan sedikit tentang pengertian ghibah. Ghibah yaitu membiacarakan aib orang lain.

Yang namnya aib pasti identik dengan Segala sesuatu yang negatif/buruk dari perilaku atau sikap orang lain. Ghibah biasanya membicarakan hal-hal yang negatif dari seseorang dan orang yang dibicarakan tidak ada di tempat pada umumnya.

Misalnya : Si A menceritakan kebiasaan Si B kepada Si C. Si A menceritakan Kebiasaan Si B yang suka menyontek saat ulangan dan Si B tidak pernah mengerjakan PR setiap hari.

Apabila yang dibicarakan Si A itu ternyata benar, maka ini yang dinamakan ghibah. Tapi apabila yang dibicarakan Si A tidak benar, maka ini dinamakan fitnah. Perlu sobat ketahui ghibah pada zaman sekarang dinamakan gosip. Ghibah adalah perbuatan tercela yang harus dihindari karena bisa mengantarkan kita kepada fitnah. Oleh karena itu, marilah kita hindari perbuatan ghibah selain merugikan diri sendiri juga merugikan orang lain.

Oke sobat sampai disini dulu yaa penjelasannya, semoga bermanfaat buat saya khususnya dan kita semua pada umumnya . :) :) ;)


Wassalamualaikum Wr. Wb.

Toni Al-Munawwar
Toni Al-Munawwar Toni Al-Munawwar adalah seorang blogger dan penulis buku. Ia mulai menekuni dunia menulis dari blog pribadinya. Beberapa tulisannya pernah dimuat media cetak dan elektronik.

Posting Komentar untuk "Jangan suka Ghibah"