Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Tips Memilih Laptop Terbaik


Tips memilih laptop
Tips memilih laptop
Gambar: Freepik


Laptop memang menjadi salah satu barang elektronik yang lekat dalam kehidupan setiap orang. Mereka menggunakan laptop dengan berbagai tujuan. Jika kamu berniat membeli laptop baru, ada baiknya kamu mencermati tips memilih laptop terlebih dahulu. 

Tidak bisa dimungkiri kalau laptop memang sudah menjadi kebutuhan setiap orang. Mulai dari urusan pekerjaan, sekolah, maupun bisnis online, semua membutuhkan laptop sebagai alat penunjangnya. Betul? 

Lantas, bagaimana tips membeli laptop baru bagi pemula? Yuk simak penjelasannya, agar kamu tak salah pilih dan menyesal di kemudian hari. 

Pilihlah Laptop yang Sesuai Kebutuhan 


Ada banyak jenis dan spesifikasi laptop yang dijual di pasaran. Untuk itu, penting sekali bagimu untuk memilih laptop yang sesuai dengan kebutuhan. Sebab, setiap jenis dan spesifikasi laptop berbeda dan hanya cocok untuk satu atau dua kebutuhan saja. 

Lihat Spesifikasinya 


Sebelum memutuskan untuk benar-benar membeli laptop, pastikan kamu juga sudah melihat spesifikasinya. Sebab, spesifikasi laptop yang baik sangat berpengaruh pada kinerja dan kualitas laptop. 

Semakin bagus spesifikasinya, maka kinerja laptop akan semakin baik. Selain itu, hal ini juga membuat produktivitasmu kian meningkat. Setuju ya? 

Pertimbangan Ukuran Layar 


Ukuran layar juga harus menjadi pertimbanganmu dalam membeli laptop. Ukuran layar yang terlalu kecil, tidak baik untuk kesehatan mata. Terlebih bagi yang sudah minus matanya, layar yang terlalu kecil membuat tulisan jadi sulit dibaca. Betul? 

RAM dan Penyimpanan 


Selain ukuran layar, RAM dan penyimpanan juga harus menjadi point pertimbanganmu dalam memilih laptop yang bagus. RAM yang kecil bisa membuat kinerja laptopmu menjadi lemot alias lambat. 

Begitu juga dengan penyimpanan, penyimpanan yang terlalu kecil, membuatmu sulit untuk menyimpan data-data penting dalam laptop. Sebab, terbatasnya kapasitas penyimpanan. 

Konektivitas 


Tak bisa dimungkiri, di era digital seperti ini, internet sudah menjadi kebutuhan pokok hampir setiap orang. Oleh karena itu, pastikan kamu sudah mempertimbangkan soal konektivitas saat membeli laptop ya. 

Selain itu, pastikan juga laptop yang dibeli memiliki beberapa port USB, untuk mendukung beragam media eksternal seperti speaker dan earphone misalnya. 

Baterai yang Tahan Lama 

Baterai menjadi salah satu komponen yang harus kamu pertimbangkan saat hendak membeli barang elektronik. Khususnya laptop. Sebab, dengan baterai yang tahan lama, kamu bisa lebih nyaman dalam bekerja. 

Baterai yang tahan lama juga bisa membuat produktivitasmu dalam bekerja semakin meningkat. So, pertimbangkan daya tahan baterai sebelum memutuskan membeli laptop ya. 

Prosesor yang Mumpuni 


Bagi kamu yang suka bermain game di laptop atau seorang gamer, maka penting sekali memilih laptop dengan prosesor yang mumpuni. Agar, pada saat bermain game tidak terjadi lag atau hang. 

Selain itu, prosesor yang mumpuni mampu menunjang berbagai kebutuhanmu baik untuk bekerja, belajar, maupun menjalankan bisnis online. Betul ya? 

Keyboard yang Nyaman 


Saat bekerja menggunakan laptop, maka kamu akan lebih sering mengetik. Untuk itu, pilihlah keyboard yang nyaman agar kamu makin betah saat bekerja dengan laptop. 

Sebab, keyboard yang tidak nyaman bisa membuatmu cepat lelah saat bekerja menggunakan laptop. 

Sesuaikan Budget 


Harga laptop yang dijual dipasaran bervariasi. Mulai dari yang murah sampai mahal. Untuk itu, belilah laptop yang sesuai budget dan kebutuhanmu ya. Agar tidak menguras kantong. 

Sebab, semakin canggih dan beragam fiturnya, harga juga semakin mahal. 

Nah itulah 9 tips memilih laptop yang bisa kamu coba. 

Toni Al-Munawwar
Toni Al-Munawwar Toni Al-Munawwar adalah seorang Penulis dan Blogger. Memulai menekuni dunia menulis dari blog pribadinya. Untuk info lebih lanjut, silakan baca halaman "Profil Penulis" yang ada dalam blog ini. Terima kasih.

Posting Komentar untuk "9 Tips Memilih Laptop Terbaik"

Berlangganan via Email