Dari Ngeblog Bisa Nulis di Koran Sampai Nulis Buku

Dari Ngeblog Bisa Nulis di Koran Sampai Nulis Buku
Dok. Pribadi


Mengawali tahun baru 2019, saya ingin berbagi cerita sekaligus pengalaman menjadi Blogger. Mulai terjun ke dunia Blogging, sekitar tahun 2013 silam. Awalnya, saya tak tahu-menahu tentang dunia satu ini. Berawal, dari status Facebook seorang teman, yang menulis dalam statusnya, “Ngeblog”, saya jadi penasaran apa artinya kata tersebut. 

Akhirnya, mulai searching-searching di Google. Ternyata, ngeblog itu kegiatan menulis di blog alias Blogging. Wah, ini sungguh menarik! Maka, sejak saat itu saya mulai terjun menjadi seorang Blogger. Dulu, masih awam sekali. Mulai dari tampilan blog yang sederhana, minim pengetahuan seputar blog, sampai nggak ngerti soal koding. Ngenes banget ya? Namun, seiring berjalannya waktu, wawasan seputar Blogging menjadi bertambah, mulai paham tentang koding meskipun cuma dasarnya, serta kemampuan menulis kian meningkat. 

Ngeblog, Tempat Awal Belajar Nulis 

Ya, jauh sebelum seperti saat ini, di sinilah tempat saya belajar menuangkan ide, merangkai kata, hingga bisa menjadi sebuah tulisan yang menarik dan enak dibaca. Jika menengok ke belakang, rasanya tulisan yang dulu terlihat kaku dan butuh banyak perbaikan. Tetapi, saya tidak ingin menghapusnya atau sekadar memolesnya supaya terlihat renyah saat dibaca. Biarlah ia tetap seperti itu, menjadi kenangan sekaligus saksi bisu perjalanan saya menulis. 

Apa alasannya ngeblog? 

Sejak dulu, memang suka menuangkan ide dalam bentuk tulisan. Maka ketika tahu soal blog yang bisa dijadikan diary online, saya tak lagi pikir panjang lansung saja action. Sejak itu pula, saya lebih sering membaca artikel seputar dunia Blogging. Eh, nggak sangka lho, ternyata ngeblog juga bisa menghasilkan uang. Its, amazing! 

Pun dari situ, saya mulai mengenal tentang Google Adsense. Sekitar tiga atau empat tahun, saya baru mulai berani daftar Adesense. Sebelumnya, lebih sering menjajal jaringan iklan berbasis PPV (Pay Per View). Kenapa? Karena pengunjungnya masih sangat sedikit. Hehehe. Pertama kali daftar Adsense, langsung dapat email penolakan. Daftar lagi ditolak lagi. Begitu terus hingga puluhan kali. Duh, sedihnya! Oh, ya, waktu daftar Adsense masih pakai domain gratisan belum domain TLD seperti sekarang. Entah sudah berapa kali dapat email penolakan dari Google. Karena merasa bete dan hampir putus asa, akhirnya saya memutuskan untuk tidak mencoba daftar lagi. Memang banyak yang sukses dari Adsense, tapi tidak sedikit juga yang belum berhasil atau gagal. Nah, saya termasuk golongan yang belum berhasil. Hehehe. Beberapa bulan lalu, mencoba mengupgrade domain gratisan ke domain TLD, dan coba lagi daftar Adsense. Alhamdulillah, diterima! Rasanya senang dan bersyukur banget! 

Dari Ngeblog, Bisa Nulis di Koran 

Dari ngeblog, saya bisa nulis di koran sampai nulis buku dan beredar di Gramedia Seluruh Indonesia.
Dok. Pribadi

Kemampuan menulis yang kian meningkat, mengantarkan saya bisa menulis di media cetak alias koran. Dulu, nggak pernah kepikiran kalau saya bisa nulis di koran. Rasanya? Wah, pastinya senang dan bersyukur banget! Siapa sih yang nggak mau tulisannya mejeng di koran? Pasti semua mau, iya kan? Dengan begitu tulisan kita bisa semakin banyak dibaca orang. Keren, kan? 

Sejauh ini saya masih menulis resensi buku ketika mengirimkan tulisan ke koran. Meski hanya bisa menulis dengan satu jari, saya tetap bersyukur karena masih bisa ngeblog, menulis di koran, sampai menulis buku. Alhamdulillah, Allah telah mengantar saya hingga sejauh ini. 

Apa untungnya sih meresensi buku di koran? 

Jangan salah lho ya, dari meresensi buku di koran bisa dapat buku gratis dari penerbit, fee dari koran maupun penerbit, kenal dengan banyak penerbit, dan masih banyak lagi. Oh, ya, nggak semua koran dan penerbit itu memberi fee ya, tergantung dari kebijakan masing-masing. Selain itu, kita bisa lebih akrab dengan penulisnya. Pokoknya meresensi buku banyak untungnya deh. 

Sudah dimuat di mana saja? 

Alhamdulillah, sejauh ini sudah dimuat di Kabar Madura, Tribun Jateng, Radar Sampit, dan Kedaulatan Rakyat. Beberapa di antaranya ada di blog ini. So, kepoin ya. 

Menulis Buku dan Beredar di Gramedia Seluruh Indonesia 

Dari ngeblog, saya bisa nulis di koran sampai nulis buku dan beredar di Gramedia Seluruh Indonesia.
Dok. Pribadi

Dulu, sekadar bermimpi kalau suatu hari nanti bisa nulis buku dan mejeng di Gramedia. Nggak nyangka! Impian itu bisa jadi kenyataan. Allah memang Maha Baik. Rasanya campur aduk, antara senang, terharu, sekaligus bersyukur. Bahkan, nggak hanya mejeng di Gramedia, tetapi juga ada di seluruh Gramedia di Indonesia. Rasanya, masih kayak mimpi! Bagi orang biasa seperti saya bisa menulis buku dan beredar di seluruh Indonesia adalah prestasi yang luar biasa. Apalagi menulisnya hanya dengan satu jari. Segala yang nggak mungkin, bisa jadi mungkin dengan izin Allah. Buku itu berjudul Jangan Pernah Lelah, Allah Selalu Bersama Kita. Oh, ya buku ini masih ready stok ya, yuk hunting ke Gramedia! 



Resolusi 2019 

Awal tahun menjadi awal yang baik untuk menulis resolusi atau hal yang ingin dicapai dalam satu tahun ke depan. Terlepas dari berhasil atau tidaknya, itu urusan belakangan. Begitu juga dengan saya, ada hal-hal yang ingin saya capai tahun ini. Apa saja itu? Yuk simak! 

Terbit Buku Baru 

Dari ngeblog, saya bisa nulis di koran sampai nulis buku dan beredar di Gramedia Seluruh Indonesia.
Dok. Pribadi

Untuk awal tahun ini resolusi utama ialah terbit buku baru dan beredar di Gramedia seluruh Indonesia. Rasanya setiap ada pembaca yang suka dengan buku saya, hati ini bahagia sekali. Karena apa yang kita tulis bisa bermanfaat buat orang lain. 

Semakin Produktif Menulis 

Semoga tahun ini bisa lebih produktif menulis. Pun bisa menebar manfaat, motivasi, dan inspirasi dari menulis. Seperti yang dituturkan Imam Ghazali, “Jika kau bukan anak raja atau ulama, maka menulislah.” 

Blog Semakin Ramai Pengunjung 

Dengan semakin ramainya blog ini, tentu semakin membawa manfaat bagi banyak orang. Juga bisa menambah penghasilan. Hehehe. 

Bisa Bekerja Sama dengan Banyak Brand 

Ya, salah satu cara menambah penghasilan adalah dengan bekerja sama dengan brand. Semoga blog ini semakin dilirik brand ternama. 

Itulah hal yang paling berkesan buat saya ketika menjadi Blogger.
Toni Al-Munawwar
Toni Al-Munawwar Toni Al-Munawwar adalah seorang blogger dan penulis buku. Ia mulai menekuni dunia menulis dari blog pribadinya. Beberapa tulisannya pernah dimuat media cetak dan elektronik.

14 komentar untuk "Dari Ngeblog Bisa Nulis di Koran Sampai Nulis Buku"

Comment Author Avatar
keren ya, semangat terus untuk menulis
Comment Author Avatar
Alhamdulillah, terima kasih Bu. Siap, insya Allah. Mohon doanya ya :)
Comment Author Avatar
Wah keren nih. Jadi motivasi untuk trus ngeblog
Comment Author Avatar
Terima kasih. Mari terus semangat ngeblog 😊
Comment Author Avatar
wah luar biasanya ya, banyak yang awalnya cuma blogger, malah merambah ke koran dan buku, luar biasa pencapaiannya
Comment Author Avatar
Keren kak.. ceritanya memotivasi banget.. apalagi yang baru masuk dunia kepenulisan kayak aq.. 👍
Mohon bimbingannya ya..
Comment Author Avatar
Keren sekali pengalamannya, saya jadi ikut termotivasi. Saya pun awal belajar nulis juga dari blog, tapi belum punya buku solo. Adanya masih antologi, hehehe
Comment Author Avatar
Terima kasih Bu. Wah, antologi juga sudah merupakan pencapaian Bu. Tetap semangat menulis!
Comment Author Avatar
Saya kenal blog kalau ga salah tahun 2006-2007, mulai bikin di blogspot sama multiply. Lalu vakum dan ngeblog lagi tahun 2011 di wordpress. Sampe sekarang memang banyak manfaatnya ngeblog, Mas, bukan hanya rezeki berupa uang, tapi juga bertambahnya ilmu dan jaringan pertemanan. Pokoknya nikmat, ngeblog membawa banyak berkah. Termasuk menulis buku antologi bareng komunitas. Saya doakan segera terbit bukunya lagi ya Mas. Makin kreatif dan produktif.
Comment Author Avatar
Betul sekali Mas, banyak ilmu yang didapat dari ngeblog. Apalagi di era digital seperti saat ini, ngeblog bisa menjadi alternatif buat menambah penghasilan. Aamin. Terima kasih Mas atas doanya. Semoga Mas juga sukses terus dan makin produktif berkarya.

Aturan Berkomentar : Harap dibaca dan perhatikan setiap aturan dengan saksama!

1.Berkomentar sesuai topik.
2. Dilarang Spam.
3. Dilarang meninggalkan link Blog/Web
4. Jangan basa-basi seperti mantab Gan, nice info, maupun sejenisnya.
5. Usahakan berkomentar yang relevan dengan topik yang di bahas.
6. Komentar yang menyisipkan link web atau blog, termasuk kategori spam dan tidak akan di approved!